Bersihkan AC! Sebelum AC Menimbulkan Masalah

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 05 September 2019 | 20:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ketika anda sering bekerja atau beraktivitas di ruangan yang ber-AC (pendingin ruangan), sebaiknya anda memperhatikan kebersihan dari AC tersebut. Karena ternyata AC yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Berikut adalah 5 gangguan kesehatan yang bisa timbul dari si pendingin ruangan seperti dilansir dari halaman kompas.

1. Gangguan pernapasan

Saat pendingin ruangan tidak dibersihkan dengan cermat, terutama filternya, berbagai jenis bakteri dan jamur bisa berkembang biak di sana. Saat mikroorganisme ini terhirup oleh kita, berbagai gangguan pernapasan bisa timbul, termasuk yang paling berbahaya, radang paru (pneumonia).

2. Sakit kepala dan merasa sakit

Banyak orang yang sepulang kerja kerap merasa kelelahan, sakit kepala, dan meriang. Tetapi saat mereka meninggalkan gedung, gejala-gejala tersebut membaik. Kondisi ini disebut juga dengan "sick building syndrome". Salah satu penyebabnya adalah pendingin ruangan.

Penelitian tahun 2004 menunjukkan, orang yang bekerja di ruangan dengan AC terpusat lebih sering mengalami gejala-gejala tidak enak badan dibandingkan. Untuk menyiasatinya, pasang temperatur AC tidak terlalu dingin dan setiap beberapa waktu berjalanlah ke luar ruangan untuk mendapat udara segar.

3. Terkontaminasi

The Environmental Protection Agency (EPA) memberi peringatan bahaya polutan di dalam ruangan sebenarnya lebih berbahaya dari pada di luar ruangan. Hal ini terjadi karena AC terpusat tidak memberikan udara yang segar tapi udara lama yang disirkulasi. Dengan kata lain, jika ada jamur, debu, atau virus dari orang yang sedang sakit, kita pun dengan lebih mudah tertular.

4. Kulit kering

Makin lama kita berada di ruangan ber-AC, makin kering kulit kita. Seperti halnya udara dingin, udara yang kering juga akan membuat kulit kehilangan kelembabannya. Rambut pun bisa mengalami kondisi kekeringan yang sama.

5. Lebih sering ke dokter

Penelitian menunjukkan, orang yang berada di lingkungan ber-AC lebih sering ternyata menggunakan asuransi kesehatan mereka lebih sering. Keluhan yang mereka rasakan antara lain gangguan telinga-hidung-tenggorokan.




Fokus : AC


#AC
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 32 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks