Tidur Cukup Membuat Otakmu Lebih Tajam

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 05 September 2019 | 21:30 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Tidur malam yang cukup setidaknya 8 jam setiap malam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tidur cukup untuk tubuh?

Dilansir dari CNN Indonesia berikut beragam manfaat kesehatan jika Anda rutin tidur cukup setidaknya 8 jam setiap malam.

1. Otak lebih tajam

Saat kurang tidur, tanpa disadari orang akan kesulitan untuk mengingat kembali suatu hal tertentu apalagi detailnya. Tidur memainkan peranan penting untuk fungsi kognitif yakni belajar dan mengingat. 

Tanpa tidur cukup, otak sulit untuk fokus dan mengambil informasi baru. Otak pun tidak punya cukup waktu untuk menyimpan memori padahal ini akan 'diputar' kembali sewaktu-waktu saat diperlukan. 

2. Lebih bahagia

Tak hanya memengaruhi otak, tidur cukup pun memengaruhi perasaan. Saat lelah, orang cenderung mudah marah. Pekerjaan kecil pun rasanya begitu berat. Mudah sekali untuk frustasi.

Kurang tidur kronis bisa berisiko mengalami gangguan perasaan. Sebuah studi menyebut jika seorang memiliki insomnia, ada risiko lima kali lebih besar mengalami depresi atau gejala kecemasan dan gangguan kepanikan yang makin parah.

3. Mengontrol nafsu makan

Saat malam, kebutuhan kalori berkurang drastis. Namun jika porsi tidur kurang maka otak akan mengirim sinyal lapar sehingga tak aneh jika ada aktivitas makan tengah malam. 

Tidur yang cukup membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang cukup pula. Hormon inilah yang membuat otak tahu bahwa perut sudah kenyang dan waktunya berhenti makan. 

4. Jantung lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat. Jantung dan pembuluh darah pun 'kecipratan' waktu untuk istirahat kareba saat tidur tekanan darah menurun. 

Kurang waktu untuk tidur memaksa tekanan darah terus naik selama nyaris 24 jam. Tekanan darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Menguatkan sistem imun tubuh

Tidur rupanya berkontribusi pada penguatan sistem pertahanan tubuh atau imun. Saat tidur, sistem imun melepas komponen yang bernama sitokin. Sebagian sitokin bermanfaat untuk melindungi sistem imun dari inflamasi termasuk inflamasi akibat infeksi. 

Kurang tidur artinya kurang produksi sitokin untuk menjaga Anda dari serangan penyakit. Selain sitokin, kurang tidur juga membuat komponen pertahanan tubuh lain tak memadai seperti antibodi dan sel darah putih. 

6. Kulit lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika tidur cukup dan teratur maka Anda bisa terlihat lebih muda. 

Sebuah laporan dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa partisipan yang cukup tidur pulih dari paparan sinar UV dibanding mereka yang kurang tidur. Kulit pun sembuh dari trauma minor lebih cepat




Fokus : Tidur


#Tidur #Otak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 44 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks