Pentingnya Kalsium Untuk Ibu Hamil

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 06 September 2019 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ibu yang sedang hamil lebih banyak membutuhkan kandungan kalsium daripada orang lain pada umumnya. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil mencapai 1500 mg/hari, jauh lebih banyak dibandingkan dengan lainnya yang hanya 1000 mg/hari. Kalsium bisa didapatkan dari makanan sumber kalsium seperti sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan, daging, telur, susu, dan produk susu, selain itu bisa dari penyerapan vitamin D dari sinar matahari pagi, serta bisa juga didapat dari suplemen tambahan.

Jumlah asupan kalsium yang dikonsumsi ibu hamil harus lebih diperhatikan, karena jika mengalami kekurangan nutrisi tersebut akan berakibat buruk tidak hanya bagi ibu hamil tetapi juga bagi janin yang dikandungnya. Pentingnya kalsium bagi ibu hamil, karena kurang kalsium bisa menyebabkan masalah seperti :

  1. Kram saat hamil
    kekurangan kalsium bisa menyebabkan terjadinya kram kaki saat hamil. Kram saat hamil seringkali terjadi pada bagian kaki karena beban kehamilan yang semakin berat bisa menekan saraf-saraf yang mengarah ke kaki sehingga kaki menjadi lebih tegang. 
    Jika Anda mengalami kram kaki, Anda bisa mengurangi ketegangannya dengan cara melakukan peregangan dan memijat bagian kaki yang mengalami kram. Selain itu, ada cara yang lebih mudah seperti berdiri sejenak atau sekedar berjalan-jalan untuk melancarkan sirkulasi darah.

  2. Pertumbuhan tulang janin yang tidak sempurna
    Kurangnya kalsium saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, tetapi janin juga bisa mendapat imbasnya. Janin bisa mengalami gangguan pertumbuhan sehingga ada kemungkinan bayi terlahir dengan kondisi bentuk tulang yang mudah rapuh dan tidak bagus.

  3. Pengeroposan tulang pada ibu hamil
    Tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dari dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan dampak yang merugikan ibu hamil. Janin akan mengambil cadangan kalsium yang dimiliki ibu hamil, sehingga akibatnya akan membuat tulang ibu cepat rapuh.
  4. Perkembangan bayi menjadi terlambat
    Kekurangan kalsium saat hamil bisa juga menyebabkan lambatnya perkembangan bayi seperti kemampuan duduk dan merangkak terlambat. Selain itu, anak juga menderita penyakit tulang yang disebabkan kandungan kalsium dalam ASI kurang.
    Penting juga dalam mengkonsumsi kalsium sebaiknya tidak dibarengi dengan terlalu banyak mengkonsumsi serat, karena serat bisa menghambat penyerapan kalsium dalam usus sehingga penyerapan tidak berjalan secara maksimal. Kemudian yang perlu dihindari selain serat yaitu menghindari alkohol, rokok, dan minuman bersoda serta minuman berkafein seperti teh dan kopi lebih dari 3 gram per hari.



Fokus : Kalsium


#Ibu Hamil #Kalsium
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks