Pentingnya Kalsium Untuk Ibu Hamil

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 06 September 2019 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ibu yang sedang hamil lebih banyak membutuhkan kandungan kalsium daripada orang lain pada umumnya. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil mencapai 1500 mg/hari, jauh lebih banyak dibandingkan dengan lainnya yang hanya 1000 mg/hari. Kalsium bisa didapatkan dari makanan sumber kalsium seperti sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan, daging, telur, susu, dan produk susu, selain itu bisa dari penyerapan vitamin D dari sinar matahari pagi, serta bisa juga didapat dari suplemen tambahan.

Jumlah asupan kalsium yang dikonsumsi ibu hamil harus lebih diperhatikan, karena jika mengalami kekurangan nutrisi tersebut akan berakibat buruk tidak hanya bagi ibu hamil tetapi juga bagi janin yang dikandungnya. Pentingnya kalsium bagi ibu hamil, karena kurang kalsium bisa menyebabkan masalah seperti :

  1. Kram saat hamil
    kekurangan kalsium bisa menyebabkan terjadinya kram kaki saat hamil. Kram saat hamil seringkali terjadi pada bagian kaki karena beban kehamilan yang semakin berat bisa menekan saraf-saraf yang mengarah ke kaki sehingga kaki menjadi lebih tegang. 
    Jika Anda mengalami kram kaki, Anda bisa mengurangi ketegangannya dengan cara melakukan peregangan dan memijat bagian kaki yang mengalami kram. Selain itu, ada cara yang lebih mudah seperti berdiri sejenak atau sekedar berjalan-jalan untuk melancarkan sirkulasi darah.

  2. Pertumbuhan tulang janin yang tidak sempurna
    Kurangnya kalsium saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, tetapi janin juga bisa mendapat imbasnya. Janin bisa mengalami gangguan pertumbuhan sehingga ada kemungkinan bayi terlahir dengan kondisi bentuk tulang yang mudah rapuh dan tidak bagus.

  3. Pengeroposan tulang pada ibu hamil
    Tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dari dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan dampak yang merugikan ibu hamil. Janin akan mengambil cadangan kalsium yang dimiliki ibu hamil, sehingga akibatnya akan membuat tulang ibu cepat rapuh.
  4. Perkembangan bayi menjadi terlambat
    Kekurangan kalsium saat hamil bisa juga menyebabkan lambatnya perkembangan bayi seperti kemampuan duduk dan merangkak terlambat. Selain itu, anak juga menderita penyakit tulang yang disebabkan kandungan kalsium dalam ASI kurang.
    Penting juga dalam mengkonsumsi kalsium sebaiknya tidak dibarengi dengan terlalu banyak mengkonsumsi serat, karena serat bisa menghambat penyerapan kalsium dalam usus sehingga penyerapan tidak berjalan secara maksimal. Kemudian yang perlu dihindari selain serat yaitu menghindari alkohol, rokok, dan minuman bersoda serta minuman berkafein seperti teh dan kopi lebih dari 3 gram per hari.



Fokus : Kalsium


#Kalsium #Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 36 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks