3M Indonesia Usung Pemberdayaan Budidaya Perairan

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 10 September 2019 | 09:27 WIB


Ki-Ka : Jeane Niode, Associate Director of Philantrophy The Nature Conservancy Indonesia (TNC); Muhammad Ilman, Director Indonesia Ocean Program; Sashidharan Sridharan, Managing Director 3M Indonesia; Jemmy Cahyadi Representative of Djarum Foundation; Budi Santosa, Director Development of The Nature Conservancy Indonesia (TNC). (Istimewa)

Jakarta, Warkes.com – Melihat kebutuhan penyerapan karbon dan sebagai perusahaan global berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi 3M Indonesia, mendukung konservasi dan pemulihan ekosistem bakau secara berkelanjutan di Indonesia. Bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), 3M Indonesia memberikan kontribusi memperbaiki ekosistem bakau dalam memulihkan potensi dan kekayaan pesisir pantai di Semarang, Jawa Tengah.

Hilangnya hutan bakau terjadi di pesisir Indonesia tepatnya di Provinsi Jawa Tengah, termasuk Teluk Semarang. Sebagai kota di wilayah pesisir yang memiliki panjang pantai 13,6 km, Semarang memiliki nilai ekologis dan sosial-ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat sekitar Provinsi Jawa Tengah. Namun, wilayah yang retan ini harus menghadapi berbagai tantangan fisik, seperti banjir pasang surut, erosi, penurunan muka tanah dan naiknya permukaan laut.

Managing Director 3M Indonesia Sashidharan Sridharan mengatakan, menjaga keseimbangan ekologi merupakan fokus utama 3M. Bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu memecahkan masalah global, 3 M Indonesia mempromosikan pendidikan lingkungan dan konservasi berbasis sains, untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

“Kami sangat senang dan bangga dapat bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mendukung proyek konservasi The Nature Conservancy yang akan membawa dampak positif dalam waktu jangka panjang pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami bekerja bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan The Nature Conservancy dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka mengelola budidaya perairan dan melestarikan ekosistem bakau di wilayah Semarang, Jawa Tengah,” ungkapnya.

Melalui program SIGAP (Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan) yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy, 3M Indonesia ikut memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kehidupan mereka dengan memberikan hak dan akses untuk mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, dan merumuskan rencana pembangunan berkelanjutan.

3M juga turut memberikan bantuan finansial sejumlah USD 35.000. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan konservasi lingkungan wilayah pesisir Semarang, pengembangan mata pencaharian masyarakat lokal melalui ekowisata bakau dan budidaya perarian yang berkelanjutan, dan memastikan pengembangan dan penggunaan sumber daya alam dalam wilayah pesisir dapat diawasi secara sosial dan ekonomi serta berkelanjutan secara ekologis.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Atasi Batuk Berdahak dengan Biji Anggur

Wartakesehatan - Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang tentu saja pernah dialami setiap orang. Batuk bisa terjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Redakan Flu dengan Konsumsi Makanan Pedas

Wartakesehatan.com - Flu merupakan suatu penyakit yang sering di alami oleh kebanyakan orang . Penyakit flu dapat..
Mamin - 5 jam yang lalu

5 Sayuran yang baik bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com  - Vitamin dan juga mineral sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena baik bagi pertumbuhan janin..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Waspada, Gejala Penyakit Liver

Wartakesehatan.com - Liver atau Hepatitis timbul karena seseorang banyak makan makanan yang sudah diolah dan..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..

+Indeks