3M Indonesia Usung Pemberdayaan Budidaya Perairan

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 10 September 2019 | 09:27 WIB


Ki-Ka : Jeane Niode, Associate Director of Philantrophy The Nature Conservancy Indonesia (TNC); Muhammad Ilman, Director Indonesia Ocean Program; Sashidharan Sridharan, Managing Director 3M Indonesia; Jemmy Cahyadi Representative of Djarum Foundation; Budi Santosa, Director Development of The Nature Conservancy Indonesia (TNC). (Istimewa)

Jakarta, Warkes.com – Melihat kebutuhan penyerapan karbon dan sebagai perusahaan global berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi 3M Indonesia, mendukung konservasi dan pemulihan ekosistem bakau secara berkelanjutan di Indonesia. Bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), 3M Indonesia memberikan kontribusi memperbaiki ekosistem bakau dalam memulihkan potensi dan kekayaan pesisir pantai di Semarang, Jawa Tengah.

Hilangnya hutan bakau terjadi di pesisir Indonesia tepatnya di Provinsi Jawa Tengah, termasuk Teluk Semarang. Sebagai kota di wilayah pesisir yang memiliki panjang pantai 13,6 km, Semarang memiliki nilai ekologis dan sosial-ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat sekitar Provinsi Jawa Tengah. Namun, wilayah yang retan ini harus menghadapi berbagai tantangan fisik, seperti banjir pasang surut, erosi, penurunan muka tanah dan naiknya permukaan laut.

Managing Director 3M Indonesia Sashidharan Sridharan mengatakan, menjaga keseimbangan ekologi merupakan fokus utama 3M. Bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu memecahkan masalah global, 3 M Indonesia mempromosikan pendidikan lingkungan dan konservasi berbasis sains, untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

“Kami sangat senang dan bangga dapat bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mendukung proyek konservasi The Nature Conservancy yang akan membawa dampak positif dalam waktu jangka panjang pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami bekerja bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan The Nature Conservancy dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka mengelola budidaya perairan dan melestarikan ekosistem bakau di wilayah Semarang, Jawa Tengah,” ungkapnya.

Melalui program SIGAP (Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan) yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy, 3M Indonesia ikut memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kehidupan mereka dengan memberikan hak dan akses untuk mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, dan merumuskan rencana pembangunan berkelanjutan.

3M juga turut memberikan bantuan finansial sejumlah USD 35.000. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan konservasi lingkungan wilayah pesisir Semarang, pengembangan mata pencaharian masyarakat lokal melalui ekowisata bakau dan budidaya perarian yang berkelanjutan, dan memastikan pengembangan dan penggunaan sumber daya alam dalam wilayah pesisir dapat diawasi secara sosial dan ekonomi serta berkelanjutan secara ekologis.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 29 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks