Menilik Kasus Kembar Siam Bisa Terjadi

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 10 September 2019 | 09:53 WIB


Ilustrasi Kembar (Pixabay)

Surabaya, Warkes.com – Dalam pengertiannya Kembar siam adalah kelainan pada bayi yang terlahir kembar dengan kondisi tubuh saling menempel dan terhubung satu sama lain. Jika melihat kajadian yang ada, kasus kembar siam masih terjadi hingga saat ini, di tengah modernisasi.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RSUD Dr Soetomo Dr Agus Sulistyono Sp.OG(K) menjelaskan, kehamilan kembar siam tidak bisa dicegah. Bayi kembar siam terjadi pada pemisahan telur hari ke-13 ke atas. Kasus kembar siam di dunia 1 per 50 per 100 ribu. 

Ia menjelaskan, secara umum kembar terdiri dari dua jenis, yakni kembar dari dua telur dan kembar satu telur. Kembar dengan dua telur kejadiannya dominan dengan persentase 70 persen. Sementara kembar dengan satu telur terjadi 30 persen.

"Kalau kembar dua telur, sejak awal yang dibuahi dua telur oleh dua sperma. Berbeda dengan satu telur, yang dibuahi satu telur. Nanti dalam perjalanannya bisa memisah, dari satu telur menjadi dua,” katanya dikutip radar Surabaya. 

Lebih jauh Dr. Agus menjelaskan, kasus bayi kembar siam tidak terjadi karena trauma, keturunan, gizi atau usia ibu ketika hamil. Bisa terjadi pada semua orang dengan latar belakang ekonomi dan pendidikan tertentu.

"Hanya saja, kalau gizi kurang baik juga berpengaruh kepada perkembangan sel-sel. Sehingga kemungkinan kembar siam juga semakin besar," imbuhnya. 

Populasi semakin banyak juga menambah angka kejadian kembar siam, masih kata Dr. Agus, Di mana kasus pada kembar siam didominasi oleh bayi wanita. Dengan alasan yang juga tidak diketahui. 

Kembar siam memiliki empat kategori. Di antaranya kembar siam dempet dada, kembar siam dempet panggul, kembar siam dempet punggung dan kepala. 75 persen dari kasus kembar siam adalah kembar siam dempet dada dan perut. "Dan penyebab apa juga tidak bisa diketahui dari mana," ujarnya.

Karena tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah kejadian bayi kembar siam. Artinya tidak bisa diintervensi, maka yang bisa dilakukan adalah mengenali secara dini. Diagnosis lebih cepat bisa membantu melakukan tindakan cepat. Bayi dengan kembar siam bisa didiagnosis pada trimester pertama dengan USG ke ahlinya. Yakni dokter spesialis fetomaternal. 

Tindakan cepat ini, tentu akan berdampak baik pada ibu hamil. Terlebih dalam hal efektivitas kehamilan. Dengan begitu, dapat menghindarkan ibu dari berbagai komplikasi seperti preeklamsi dan pendarahan pada saat kehamilan. Juga stres, mencegah operasi besar karena kelahiran kembar siam.

"Tentu hal ini atas pertimbangan dokter ahli dan juga keluarga pasien," pungkasnya. 




#Sperma #Kembar siam #Kelahiran #Indung Telur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 44 menit yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks