Sinergi BPOM Dukung UMKM

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 10 September 2019 | 10:07 WIB


(Istimewa)

Semarang, Warkes.com – Dalam programnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendorong kemandirian pelaku usaha melalui dukungan iklim usaha dengan memberikan bimbingan dan pendampingan agar pelaku usaha termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mampu berdaya saing.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyampaikan, bahwa pengembangan UMKM membutuhkan keterlibatan banyak tangan. “Sinergisme Academic-Business-Government (ABG) mutlak diperlukan sehingga strategi pengembangan UMKM dapat berjalan selaras,” tegasnya.

Salah satu bentuk sinergi tersebut dengan penyelenggaraan talkshow Forum Koordinasi Teknis Pengembangan UMKM dengan tema

“Melalui Sinergisme Pemangku Kepentingan (Academic-Business-Government), Badan POM Mendukung UMKM Berdaya Saing Menuju Indonesia Maju” di Semarang, Selasa (10/09). 

Talkshow menghadirkan narasumber Kepala Badan POM sebagai wakil pemerintah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai wakil pemerintah daerah, Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro sebagai wakil akademisi, dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) sebagai wakil pelaku usaha.

Forum Koordinasi Teknis ini bertujuan untuk menyatukan pola pikir, menciptakan kesamaan pandangan, dan sinergisme antara para pemangku kepentingan. Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi antara lain Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia, Universitas, serta para pelaku usaha.

Kepala Badan POM memaparkan bahwa dalam rentang 2013-2018 Badan POM telah melakukan bimbingan teknis tentang Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) kepada 48.987 UMKM baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kinerja pemberdayaan fasilitator keamanan pangan yang telah dilatih.

“Sebanyak 1.255 orang fasilitator yang telah dilatih berasal dari organisasi kemasyarakatan (Aisyiyah, Salimah, dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia/IPEMI) dan 9 Politeknik Kesehatan (Medan, Padang, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta),” ungkapnya.

Sinergi dengan berbagai elemen yang dilakukan oleh Badan POM menunjukkan bahwa setiap pihak berperan dan mendukung pengembangan UMKM berdaya saing.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersama bersinergi mendukung strategi perkembangan UMKM di Indonesia, baik melalui pembinaan maupun pengawasan. Bersama kita wujudkan Indonesia yang maju dan terdepan dengan munculnya UMKM berdaya saing unggul,” ajak Penny K. Lukito.




#BPOM #Semarang #UMKM
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Atasi Batuk Berdahak dengan Biji Anggur

Wartakesehatan - Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang tentu saja pernah dialami setiap orang. Batuk bisa terjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Redakan Flu dengan Konsumsi Makanan Pedas

Wartakesehatan.com - Flu merupakan suatu penyakit yang sering di alami oleh kebanyakan orang . Penyakit flu dapat..
Mamin - 5 jam yang lalu

5 Sayuran yang baik bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com  - Vitamin dan juga mineral sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena baik bagi pertumbuhan janin..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Waspada, Gejala Penyakit Liver

Wartakesehatan.com - Liver atau Hepatitis timbul karena seseorang banyak makan makanan yang sudah diolah dan..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..

+Indeks