Awas! Tempat Tidur Bisa Jadi Sarang Penyakit

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 11 September 2019 | 12:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Memang benar tempat tidur yang nyaman adalah kasur yang empuk, tetapi anda harus ingat biasanya debu dan kuman bisa datang kapan dan dimana saja. Ini berakibat fatal bagi kesehatan, mudah terserang flu, asma, rinitis alergi, hingga keracunan makanan.

Ahli memperingatkan tungau debu dan kuman yang tinggal di sprei tempat tidur dapat menyebabkan asma, hayfever, flu dan keracunan makanan

Tak hanya kasur, di balik selimut, bantal dan guling tersimpan jutaan organisme kecil yang membuat Anda sakit.

Seorang ahli kesehatan di tempat tinggal atau rumah, dokter Lisa Ackerley mengatakan, manusia bisa membawa kuman tersebut ke tempat tidur.

“Tungau menyukai lingkungan yang lembab, tempat tidur adalah lingkungan yang sempurna. Mereka mereproduksi sehingga akan ada sekitar 10 juta tungau per tempat tidur,” kata Lisa.

Ketika meninggalkan kamar selama seharian, sering kali seseorang menutup jendela sehingga tercipta lingkungan yang lembab. Kurangnya ventilasi pada rumah pun bisa membuat udara lembab.

Jika tidak sering dibersihkan, menurut Lisa dalam waktu dua tahun bantal Anda akan dipenuhi 10 persen tungau dan kotorannya. Adanya kotoran tungau bisa memicu alergi. Kemudian membuat kulit meradang atau eksim hingga rinitis alergi. Sebanyak 80 persen penderita asma juga diperkirakan disebabkan oleh tungau debu.

Hal senada dikatakan dokter Ackerley. Menurut dia, tungau debu dapat  menyebabkan rinitis alergi, batuk, dan mata kering. Tidur pun akan sangat terganggu. Bahkan, bagi orang yang memiliki alergi, dampaknya bisa menjadi lebih buruk.

Untuk itu, cucilah sprei atau alas kasur setiap minggu. Cucilah secara terpisah dengan pakaian lain. Tambahkan pula sabun antibakteri.




Fokus : Tempat Tidur


#Tidur #Penyakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 27 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks