Para Veteran Militer Dapat Kesempatan MCU di RS Yarsi

Oleh : Irawan Mohamad | Kamis, 12 September 2019 | 11:55 WIB


Sebanyak sembilan veteran TNI, mendapatkan kesempatan melakukan Medical Check Up (MCU) Gratis yang dilaksanakan oleh RS Yarsi dalam upaya wujud nyata kepedulian RS kepada para veteran RI. (11/9) (Dok : Wartakesehatan.com)

Jakarta, Warkes.com – Para veteran militer TNI dari beberapa angkatan perang seperti  Marinir, Angkatan Darat dan Udara mendapat kesempatan memeriksakan kesehatannya melalui Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit (RS) Yarsi sebagai wujud nyata RS kepada para veteran RI yang telah menyumbangkan karyanya dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.

Kepala Instalasi Occupational Health Center RS Yarsi dr Edi Alpino MKK di RS Yarsi, mengatakan para veteran yang melakukan pemeriksaan MCU kali ini diketahui mereka merupakan orang-orang yang pada saat muda secara fisik memiliki ketahanan dan kebugaran di atas rata-rata. Dari beberapa pemeriksaan yang dilakukan RS Yarsi, focus pada permasalahan fisik yang diketahui saat mereka muda cenderung menggunakan fisiknya dalam setiap kegiatannya.

“Permasalahan yang muncul memang lebih sering kita menemukan permasalahan tulang dan otot, serta keseimbangan, dimana mereka banyak melakukan kegiatan berdiri yang cukup lama. Nah darisatu sisi baik, tetapi di saat ini kita menemukan juga beberapa permaslahan seperti osteoartritis atau rematik, permasalahan di lutut, sehingga kita lebih fokus melakukan pemeriksaan, salah satunya densitometry untuk melihat apakah kepadatan kerapatan tulangnya cukup baik atau apakah sudah ada osteoporosis atau pengapuran tulang,” terang Dr. Edi, Rabu (11/9).

Permasalahan kesehatan pada para veteran yang masuk dalam usia Geriatri ini begitu beragam. Seperti yang dialami oleh salah satu veteran Letkol MAR Purn Marsidik. Dirinya mengakui bahwa pada kondisi kesehatannya terparah yang dirasakannya ada tiga. Antara lain pada pendengaran, penglihatan dan pinggul.

“Saya bagian pertahanan udara bagian meriam, makanya telinganya sudah bermasalah, kacau sekali telinganya. Kiri kanan sudah tinggal berapa persen bahkan di bawah 15 persen (kemampuan pendengaran-red). Pakai alat bantu tidak membantu, sudah sering ganti tetapi sudah tidak bisa padahal sudah berkali diperiksa. Jadi ini kelemahan saya di telinga, mata mulai kabur dan pinggul. Jadi kalau saya sudah baca tanpa menggunakan kaca pembesar tidak bisa. Makanya kalau di kantor saya siap dengan kaca pembesar,” ujar pria yang memiliki permaslahan pada pinggulnya karena jatuh.

Menjelaskan pasien Geriatri,  Dr. Edi menjelaskan, sebagai pasien geriatri umurnya sudah di atas 60 tahun. Secara keilmuan geriatri berkembang karena perkembangan di Indonesia untuk usia lanjut mencapai 20 juta lebih. Ini tentunya menjadi focus para pelaku pelayan kesehatan dan masyarakat umum. Artinya, mereka geriatri mempunyai permasalahan kesehatan lebih unik dan spesiifik, dimana diketahui bahwa fungsi organ akan menurun sesuai bertambahnya usia.

“Biasanya permaslahan kesehatan yang muncul seperti permasalahan jantung, penyakit generative seperti diabetes, Hypertensi, Stroke dan tidak menutup kemungkinan menurunnya fungsi organ seperti ginjal, lever dan sebagainya.

“Selain itu geriatri adalah permasalahan demensia, mereka umumnya muncul ketika berusia lanjut. Yakni terjadinya satu penurunan daya ingat, focus pekerjaan atau kegiatan, gampang lupa dan hal yang sebenarnya tidak pernah muncul diusia muda,” ungkapnya.

Pemeriksaan MCU dilakukan di unit Occupational Health Center (OHC) lantai tiga RS YARSI. Occupational Health Center merupakan salah satu dari Center of Excellence RS YARSI. Dengan banyaknya fasilitas dan alat medis yang lengkap kami siap melayani pasien dalam memberikan Pelayanan dan Pemeriksaan Kesehatan terbaik.




#Yarsi #TNI #Veteran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks