Yoga Dapat Menurunkan Stres Lho

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 13 September 2019 | 17:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal. Bila dibiarkan, gula darah akan semakin penumpuk menimbulkan gejala yang parah dan komplikasi. Nah, untuk itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, diabetesi bisa menjajal yoga sebagai latihan fisik rutin. Beberapa manfaat yoga untuk diabetes, antara lain:

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakin parah, Anda perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jika stres terus saja muncul.

Sama seperti olahraga lainnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon (endorfin) yang dapat membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes rentan dengan penyakit jantung. Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Semua manfaat tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko penyakit jantung pada diabetesi akan menurun.

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi diebetesi agar tubuhnya tetap sehat. Setiap gerakan yoga dapat membakar energi sehingga bisa mengendalikan berat badan.

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan tubuh

Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak tubuh yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga meningkatkan kesehatan jiwa. Selain itu berbagai pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Keseimbangan tubuh yang baik menurunkan risiko terjatuh dan cedera. Diabetesi harus menghindari luka karena proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama




Fokus : Stres


#Stres #Yoga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Konsultasi - 25 menit yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 53 menit yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..

+Indeks