6 Makanan Berikut, Ampuh Melawan Kanker

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 14 September 2019 | 12:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Tanpa disadari, kita malah sering mengonsumsi makanan pemicu kanker (karsinogen). Selain menghindari makanan-makanan yang mengandung zat karsinogen tersebut, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan berikut untuk melawan zat karsinogen dan radikal bebas penyebab kanker yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh:

Anggur merah

Anggur merah mengandung bioflavonoids, antioksidan yang bekerja sebagai penghalau kanker.  Jenis buah yang satu ini juga mengandung asam ellagic, zat yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Minuman anggur merah, bahkan yang tidak mengandung alkohol sekalipun, memiliki kandungan polyphenol yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam kanker.

Jamur

Beberapa jenis jamur seperti shitakemaitake, dan reishi mampu membantu tubuh memerangi kanker dan membangun sistem imun. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi dan membelah diri di dalam tubuh kita.

Teh

Teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksidan tertentu, dikenal sebagai polyphenol yang dapat mencegah pembelahan sel-sel kanker. Polyphenol lebih banyak terdapat dalam teh hijau yang dapat melindungi dari berbagai tipe kanker. Jadi teh yang terbaik adalah teh hijau, lalu diikuti dengan teh hitam.

Brokoli

Brokoli, terutama di bagian kepala brokoli, yang berwarna hijau tua, juga memiliki phytochemical sulforaphane yang dapat mencegah beberapa tipe kanker. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan zat karsinogen.

Bawang putih

Bawang putih mengandung allyl sulfur yang dapat membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu bumbu dapur ini juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, kalium, besi, karoten dan selenium. Komponen-komponen ini dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis).

Jeruk bali

Buah ini mengandung monoterpenes yang dipercaya mampu mencegah kanker dengan menyapu zat karsinogen keluar dari dalam tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C, beta karoten dan asam folat, yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.




Fokus : Makanan


#Makanan #Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks