6 Makanan Berikut, Ampuh Melawan Kanker

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 14 September 2019 | 12:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Tanpa disadari, kita malah sering mengonsumsi makanan pemicu kanker (karsinogen). Selain menghindari makanan-makanan yang mengandung zat karsinogen tersebut, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan berikut untuk melawan zat karsinogen dan radikal bebas penyebab kanker yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh:

Anggur merah

Anggur merah mengandung bioflavonoids, antioksidan yang bekerja sebagai penghalau kanker.  Jenis buah yang satu ini juga mengandung asam ellagic, zat yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Minuman anggur merah, bahkan yang tidak mengandung alkohol sekalipun, memiliki kandungan polyphenol yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam kanker.

Jamur

Beberapa jenis jamur seperti shitakemaitake, dan reishi mampu membantu tubuh memerangi kanker dan membangun sistem imun. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi dan membelah diri di dalam tubuh kita.

Teh

Teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksidan tertentu, dikenal sebagai polyphenol yang dapat mencegah pembelahan sel-sel kanker. Polyphenol lebih banyak terdapat dalam teh hijau yang dapat melindungi dari berbagai tipe kanker. Jadi teh yang terbaik adalah teh hijau, lalu diikuti dengan teh hitam.

Brokoli

Brokoli, terutama di bagian kepala brokoli, yang berwarna hijau tua, juga memiliki phytochemical sulforaphane yang dapat mencegah beberapa tipe kanker. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan zat karsinogen.

Bawang putih

Bawang putih mengandung allyl sulfur yang dapat membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu bumbu dapur ini juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, kalium, besi, karoten dan selenium. Komponen-komponen ini dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis).

Jeruk bali

Buah ini mengandung monoterpenes yang dipercaya mampu mencegah kanker dengan menyapu zat karsinogen keluar dari dalam tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C, beta karoten dan asam folat, yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.




Fokus : Makanan


#Kanker #Makanan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 35 menit yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 4 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 7 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 8 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 9 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..

+Indeks