Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Oleh : Dirk/embunmulia | Sabtu, 14 September 2019 | 22:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pepaya adalah buah yang sangat mudah ditemui di indonesia.Buah ini betrasal dari negara lain yaitu meksiko yang sudah menyebar luas bahkan di indonesia.Buah pepaya biasanya dimakan dalam keadaan sudah matang atau masih mentah.Ketika mentah buah pepaya bisa dijadikan sayuran,sedangkan yang sudah matang di jadikan camilan.Buah inio juga sangatdisenangi dikalangan anak-anak sampai orang tua.

Namun selain enak pepaya memiliki manfaat bagi tubuh,contohnya melancarkan buang air besar dan sembeli.Selain itu seperti yang di lansir oleh medicalnewstoday.com kandungan gizi dari pepaya juga memiliki banyak fungsi kesehatan, diantaranya:

Pencernaan

Seperti telah disampaikan sebelumnya, bila terkena sembelit atau susah buah air besar orang-orang akan memakan pepaya sebagai salah satu cara untuk melancarkan buang air besar. Pepaya mengandung enzim yang di sebut papain yang membantu dalam pencernaan dan juga dapat digunakan sebagai pelunak daging. Pepaya juga tinggi serat dan air, baik yang membantu mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat.

Pencegahan Kanker

Konsumsi kuat antioksidan beta-karoten (yang ditemukan dalam pepaya) telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar di population.

Pencegahan Asma

Risiko untuk terkena asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang banyak terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa tipe 1 penderita diabetes yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan diabetes tipe 2 mungkin telah meningkat gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu pepaya media menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

Kesehatan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko lebih tinggi untuk patah tulang. Cukup konsumsi vitamin K adalah penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi calcium.

Penyakit Jantung

Serat, kalium dan vitamin dalam pepaya semua bantuan untuk menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan diet paling penting bahwa seseorang dapat membuat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.




Fokus : Pepaya


#Pepaya
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 11 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 14 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks