Tidur Siang Sejenak Bantu Ketajaman Otak

Oleh : Dirk Christ | Senin, 16 September 2019 | 13:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ketika khasiat kopi pagi Anda mulai menghilang dan kelelahan di siang hari mulai menyerang Anda, menyempatkan diri sebentar untuk tidur sejenak bisa membuat otak tetap bekerja dengan baik.

Pemikiran akan tidur siang bukanlah suatu hal yang baru, khususnya di negara yang memiliki cuaca lebih panas seperti Spanyol. Para peneliti pun telah melakukan studi yang panjang mengenai manfaat tidur sejenak setelah makan siang ini. Sebuah studi terbaru menegaskan lamanya waktu tidur siang sejenak yang diperlukan bagi para lansia untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan otak dan mental mereka: cukup satu jam.

Temuan yang dimuat Journal of the American Geriatrics Society berdasarkan sebuah survei terhadap hampir 3,000 lansia Tiongkok mengenai kebiasaan tidur siang mereka dan data mengenai fungsi kognitif. Mereka yang mendapatkan waktu tidur siang dalam jumlah yang moderat-kebanyakan mendekati waktu 60 menit-menunjukkan “perbaikan kognitif secara keseluruhan” dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang dan mereka yang tidur siang namun dalam jangka waktu lebih dari 90 menit dan kurang dari 30 menit.

Berdasarkan hasil yang didapatkan, tidur siang dalam waktu yang moderat tersebut “bisa sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi kognitif pada orang lansia,” menurut studi tersebut, dan dengan demikian mengurangi “resiko ketergantungan hidup dan kualitas hidup yang buruk.”

Berbagai uji kesehatan mental yang diberikan seperti persoalan matematika dan juga latihan lainnya yang mana para orang lansia tersebut diminta untuk menghafal dan mengingat kembali kata-kata atau meniru gambar geometris sederhana.

Tidur siang dipelajari secara spesifik karena, sebagai tambahan untuk waktu yang optimal untuk tidur siang, para peneliti menduga bahwa waktu sirkadian memainkan peranan penting terhadap manfaat tidur siang tersebut, merujuk kepada jam biologis tubuh yang mengatur berbagai kebiasaan seperti tidur dan makan.

“Tidur sejenak sehabis waktu makan siang bisa mengarah kepada perbaikan fungsi kognitif, karena tidur sejenak setelah makan siang memiliki nilai lebih yang berhubungan dengan kesembuhan daripada tidur sejenak pada waktu lainnya.”




Fokus : Tidur Siang


#Tidur #Otak #Siang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks