Tidur Siang Sejenak Bantu Ketajaman Otak

Oleh : Dirk Christ | Senin, 16 September 2019 | 13:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ketika khasiat kopi pagi Anda mulai menghilang dan kelelahan di siang hari mulai menyerang Anda, menyempatkan diri sebentar untuk tidur sejenak bisa membuat otak tetap bekerja dengan baik.

Pemikiran akan tidur siang bukanlah suatu hal yang baru, khususnya di negara yang memiliki cuaca lebih panas seperti Spanyol. Para peneliti pun telah melakukan studi yang panjang mengenai manfaat tidur sejenak setelah makan siang ini. Sebuah studi terbaru menegaskan lamanya waktu tidur siang sejenak yang diperlukan bagi para lansia untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan otak dan mental mereka: cukup satu jam.

Temuan yang dimuat Journal of the American Geriatrics Society berdasarkan sebuah survei terhadap hampir 3,000 lansia Tiongkok mengenai kebiasaan tidur siang mereka dan data mengenai fungsi kognitif. Mereka yang mendapatkan waktu tidur siang dalam jumlah yang moderat-kebanyakan mendekati waktu 60 menit-menunjukkan “perbaikan kognitif secara keseluruhan” dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang dan mereka yang tidur siang namun dalam jangka waktu lebih dari 90 menit dan kurang dari 30 menit.

Berdasarkan hasil yang didapatkan, tidur siang dalam waktu yang moderat tersebut “bisa sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi kognitif pada orang lansia,” menurut studi tersebut, dan dengan demikian mengurangi “resiko ketergantungan hidup dan kualitas hidup yang buruk.”

Berbagai uji kesehatan mental yang diberikan seperti persoalan matematika dan juga latihan lainnya yang mana para orang lansia tersebut diminta untuk menghafal dan mengingat kembali kata-kata atau meniru gambar geometris sederhana.

Tidur siang dipelajari secara spesifik karena, sebagai tambahan untuk waktu yang optimal untuk tidur siang, para peneliti menduga bahwa waktu sirkadian memainkan peranan penting terhadap manfaat tidur siang tersebut, merujuk kepada jam biologis tubuh yang mengatur berbagai kebiasaan seperti tidur dan makan.

“Tidur sejenak sehabis waktu makan siang bisa mengarah kepada perbaikan fungsi kognitif, karena tidur sejenak setelah makan siang memiliki nilai lebih yang berhubungan dengan kesembuhan daripada tidur sejenak pada waktu lainnya.”




Fokus : Tidur Siang


#Tidur #Otak #Siang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 11 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 14 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks