Punya Kolesterol Tinggi, Mungkin Seks Solusinya

Oleh : Irawan Mohamad | Senin, 16 September 2019 | 08:10 WIB


Ilustrasi seks (Pixabay)

Seks, Warkes.com - Kolesterol sudah menjadi bagian masalah bagi kesehatan masyarakat modern yang tentunya berimbas pada penyakit-penyakit generatif yang dibawanya. Permasalahan jantung koroner misalnya, me jadi salah satu penyakit yang disebabkan salah satunya karena kolesterol yang tinggi di dalam darah.

Selama ini mungkin sebagian orang mengetahui cara menurunkan kolesterol hanya dengan meminum obat-obatan. Dari obat pengencer darah, sampai dengan penghancur plak kolesterol. Menariknya dari sekian cara yang selama ini diketahui, seks diyakini dapat menurunkan kolesterol disamping menyehatkan jantung.

Kolesterol sendiri itu berkaitan erat dengan trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Ia juga merupakan zat yang disimpan dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak di dalam tubuh. Intinya, kolesterol dan tringliserida sama-sama tergolong lemak.

Namun, banyak orang mengira kalau olahraga seperti latihan aerobik bisa segera menurunkan kadar kolesterol darah. Padahal, hal itu keliru. Sebab olahraga sebenarnya lebih cepat menurunkan kadar trigliserida, bukannya kolesterol.

Zat tringliserida ini bukan golongan lemak khusus, tapi lemak dengan tiga molekul ester gliserol dan asam lemak. Nah, struktur seperti ini memungkinkan untuk terurai bila terjadi pembakaran atau oksidasi sewaktu berolahraga. Jika kadar trigliserida terlalu tinggi, harus segera diturunkan. Kalau tidak, imbasnya kadar HDL (kolesterol baik) bisa menurun. Nah, inilah yang bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Terkait dengan kolesterol, berbeda dengan trigliserida, kelesterol merupakan lemak khusus yang rumus kimianya berstruktur streroida. Jangan salah, kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh, seperti membuat sel membran, vitamin D3, garam empedu, dan hormon seks.

Kalau trigliserida bisa turun karena olahraga, kadar kolesterol secara alami bisa turun pada saat pembuatan vitamin D3 (dalam hati dan ginjal) atas bantuan sinar matahari (sinar ultraviolet).

Di sini hormon paratiroid akan menggalakkan penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus. Jadi, ketika kamu berjemur di bawah terik matahari pagi hingga berkeringat, kadar kolesterol dalam tubuh kamu akan menurun. Kok bisa?  Dengan pembentukan vitamin D3, maka reaksi kolesterol akan berjalan ke kanan menjadi vitamin D3, sehingga kadar kolesterol turun.

Nah, sedangkan berhubungan seks lain cerita. Di sini kolesterol berfungsi sebagai bahan bakar untuk membentuk hormon seks, baik testosteron maupun estradiol. Nah, ketika hormon seks yang kamu keluarkan dari dalam tubuh  (ketika berhubungan intim), maka kolesterol otomatis akan memproduksi hormon seks lagi. Inilah yang mengakibatkan kolesterol jadi turun.

Selain itu, menurut ahli, berhubungan intim juga bisa mengeluarkan hormon endorfin (terkait dengan rasa bahagia) yang bermanfaat menyehatkan tubuh. Nah, hormon ini bermanfaat bagi tubuh seperti membuat metabolisme tubuh lebih baik dan kadar kolesterol menurun.  

Dilansir Health Site, hubungan intim juga bisa memberikan manfaat lain.  Penelitian dari University of the West of Scotland  mengatakan, hubungan intim dua kali seminggu juga bisa mencegah stres. Bahkan, manfaat seks juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau immunoglobin A hingga 30 persen. Alhasil, bisa melindungi tubuh dari virus flu. 




#Kolesterol #Seks
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 11 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 14 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks