Punya Kolesterol Tinggi, Mungkin Seks Solusinya

Oleh : Irawan Mohamad | Senin, 16 September 2019 | 08:10 WIB


Ilustrasi seks (Pixabay)

Seks, Warkes.com - Kolesterol sudah menjadi bagian masalah bagi kesehatan masyarakat modern yang tentunya berimbas pada penyakit-penyakit generatif yang dibawanya. Permasalahan jantung koroner misalnya, me jadi salah satu penyakit yang disebabkan salah satunya karena kolesterol yang tinggi di dalam darah.

Selama ini mungkin sebagian orang mengetahui cara menurunkan kolesterol hanya dengan meminum obat-obatan. Dari obat pengencer darah, sampai dengan penghancur plak kolesterol. Menariknya dari sekian cara yang selama ini diketahui, seks diyakini dapat menurunkan kolesterol disamping menyehatkan jantung.

Kolesterol sendiri itu berkaitan erat dengan trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Ia juga merupakan zat yang disimpan dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak di dalam tubuh. Intinya, kolesterol dan tringliserida sama-sama tergolong lemak.

Namun, banyak orang mengira kalau olahraga seperti latihan aerobik bisa segera menurunkan kadar kolesterol darah. Padahal, hal itu keliru. Sebab olahraga sebenarnya lebih cepat menurunkan kadar trigliserida, bukannya kolesterol.

Zat tringliserida ini bukan golongan lemak khusus, tapi lemak dengan tiga molekul ester gliserol dan asam lemak. Nah, struktur seperti ini memungkinkan untuk terurai bila terjadi pembakaran atau oksidasi sewaktu berolahraga. Jika kadar trigliserida terlalu tinggi, harus segera diturunkan. Kalau tidak, imbasnya kadar HDL (kolesterol baik) bisa menurun. Nah, inilah yang bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Terkait dengan kolesterol, berbeda dengan trigliserida, kelesterol merupakan lemak khusus yang rumus kimianya berstruktur streroida. Jangan salah, kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh, seperti membuat sel membran, vitamin D3, garam empedu, dan hormon seks.

Kalau trigliserida bisa turun karena olahraga, kadar kolesterol secara alami bisa turun pada saat pembuatan vitamin D3 (dalam hati dan ginjal) atas bantuan sinar matahari (sinar ultraviolet).

Di sini hormon paratiroid akan menggalakkan penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus. Jadi, ketika kamu berjemur di bawah terik matahari pagi hingga berkeringat, kadar kolesterol dalam tubuh kamu akan menurun. Kok bisa?  Dengan pembentukan vitamin D3, maka reaksi kolesterol akan berjalan ke kanan menjadi vitamin D3, sehingga kadar kolesterol turun.

Nah, sedangkan berhubungan seks lain cerita. Di sini kolesterol berfungsi sebagai bahan bakar untuk membentuk hormon seks, baik testosteron maupun estradiol. Nah, ketika hormon seks yang kamu keluarkan dari dalam tubuh  (ketika berhubungan intim), maka kolesterol otomatis akan memproduksi hormon seks lagi. Inilah yang mengakibatkan kolesterol jadi turun.

Selain itu, menurut ahli, berhubungan intim juga bisa mengeluarkan hormon endorfin (terkait dengan rasa bahagia) yang bermanfaat menyehatkan tubuh. Nah, hormon ini bermanfaat bagi tubuh seperti membuat metabolisme tubuh lebih baik dan kadar kolesterol menurun.  

Dilansir Health Site, hubungan intim juga bisa memberikan manfaat lain.  Penelitian dari University of the West of Scotland  mengatakan, hubungan intim dua kali seminggu juga bisa mencegah stres. Bahkan, manfaat seks juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau immunoglobin A hingga 30 persen. Alhasil, bisa melindungi tubuh dari virus flu. 




#Kolesterol #Seks
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks