Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 17 September 2019 | 17:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor, di rumah, kendaraan, semua menyediakan AC. Sementara AC juga membantu menyejukkan udara di sekitar kita, peneliti juga menemukan bahwa AC berkaitan dengan berat badan. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menyebutkan bahwa AC terkait dengan obesitas.

Seorang ahli biostatistik, Davil Allison PhD dari University of Alabama-Birmingham, menemukan bahwa obesitas berkaitan dengan menurunkan temperatur ruangan. AC membuat tubuh kita beradaptasi dengan suhu yang stabil selama bertahun-tahun.

Menurut Allison, ketergantungan kita pada AC membuat kita hanya menghabiskan lebih sedikit energi. Ini juga berarti kita lebih sedikit membakar kalori karena kita tak melakukan banyak gerakan untuk menurunkan suhu tubuh kita.

Suhu dan AC yang berkaitan dengan tingkat obesitas ini juga didukung oleh data bahwa tingkat obesitas yang rendah ada pada bagian utara Amerika Serikat yang memiliki shu sedang dan jarang menggunakan AC Sementara itu, tujuh dari 10 negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia ada di bagian Selatan.

Penggunaan AC yang membuat orang semakin malas bergerak untuk menyesuaikan dengan suhu yang panas tentu akan mempengaruhi berat badan. Disarankan anda untuk mengurangi ketergantungan pada AC dan melakukan hal-hal lain, seperti di bawah ini untuk menyesuaikan suhu yang panas.

1. Minum air
Banyak minum air akan membuat tubuh Anda terhidrasi dan mengurangi panas. Sedikit berkeringat juga tak akan merugikan Anda.

2. Mandi air dingin
Jika Anda sedang berada di rumah dan kepanasan, matikan AC dan mandilah dengan air dingin. Selain membuat badan Anda bersih dari kuman dan keringat, mandi air dingin juga bisa membuat Anda merasa segar.

3. Gunakan pakaian yang tipis
Gunakan pakaian yang tipis saat Anda berada di rumah dan kepanasan. Sesuaikan juga bahan pakaian yang Anda gunakan. BAhan katun yang baik untuk menyerap keringat juga bisa digunakan.

4. Gunakan kipas angin
Mungkin tak akan sedingin jika Anda menggunakan AC, namun kipas angin bisa membuat Anda tetap bergerak, dan menghemat energi listrik.

5. Tutup tirainya
Jika Anda merasa silau dan kepanasan karena sinar matahari, maka menutup tirai bisa membuat tempat kerja atau rumah Anda lebih teduh. Dengan begitu Anda tak perlu menyalakan AC lagi.

6. Nikmati kehangatannya
Jika Anda sedang bersantai, kenapa tak coba nikmati saja kehangatan yang diberikan matahari. Nikmati hangat matahari dan angin yang berhembus sambil berjalan-jalan. Berjalan-jalan akan membuat Anda berkeringat sekaligus membakar banyak kalori.

Dengan tak melulu tergantung pada AC Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Berolahraga, berkeringat, membakar kalori, sekaligus menghemat listrik dan biaya.




Fokus : AC


#Gemuk #AC
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks