Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Oleh : Dirk/viva | Selasa, 17 September 2019 | 19:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan, bahkan janin yang ada didalam kandungannya.

Tahukah Anda apabila wanita yang sedang hamil mengalami berbagai perubahan hormon pada tubuhnya, nah terkadang peningkatan hormonal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada gusi dan lama kelamaan akan menyebabkan karies pada gigi. Apabila Anda tidak memperhatikan masalah ini maka pada tahap lanjut kondisi ini bisa mempengaruhi janin yang ada didalam kandungan Anda. Nah itulah mengapa para ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan kesehatan giginya disamping memperhatikan kesehatan kandungannya.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Ibu Hamil

1. Sikat Gigi Rutin

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi secara rutin seperti biasanya. Ya, walaupun terkadang para ibu hamil sering mengalami rasa mual ketika menggosok gigi tetapi ini harus tetap dilakukan agar kebersihan gigi tetap terjaga. Untuk mengatasi rasa mual yang dirasakan maka cobalah ganti pasta gigi yang sering Anda pakai dengan pasta gigi yang berbau tidak terlalu menyengat.

2. Menggunakan Obat Kumur

Setelah menyikat gigi ternyata kita juga harus menggunakan obat kumur secara teratur agar plak-plak gigi bisa terangkat. Seperti yang kita ketahui bahwa menggosok gigi saja sebenarnya sudah baik tetapi alangkah baiknya jika itu ditambah dengan obat kumur agar lebih bersih. Tips, pilihlah obat kumur yang rendah atau bahkan tidak mengandung alkohol agar tidak terasa pedas di mulut.

3. Konsumsi Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan bagi tubuh, apalagi saat kita didalam kondisi hamil maka tidak boleh kurang didalam mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan membahayakan janin yang ada didalam kandungan Anda. Selain itu, mengkonsumsi air putih di saat masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan gigi Anda juga.

4. Konsumsi Buahan dan Sayuran

Masa Kehamilan merupakan masa yang sangat rentan sehingga Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi buahan dan sayuran yang cukup agar nutrisi didalam tubuh terpenuhi sehingga apabila bayi Anda nanti lahir maka kondisinya akan sehat. Selain itu, kenapa ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur adalah karena bisa menyehatkan gigi mereka. So, konsumsilah buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan B12 karena ini sangat membantu kesehatan gigi ibu hamil tetapi jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang baik akan menjadi tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Lengket

Anda juga harus mengurangi makanan yang manis-manis dan lengket. Ingat ya, disini Anda hanya harus mengurangi bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan manis.  Kebanyakan mengkonsumsi makanan manis akan membuat karises pada gigi sehingga apabila dibiarkan saja maka ini akan juga bisa berdampak pada kesehatan janin Anda loh.

6. Periksa Kedokter Gigi

Cara terakhir untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil adalah dengan memeriksakan kondisi gigi Anda kepada dokter. Selain Anda harus mengontrol kandungan kepada dokter, Anda juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan gigi.




Fokus : Ibu Hamil


#Gigi #Mulut #Hamil #Ibu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks