Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Oleh : Dirk/viva | Selasa, 17 September 2019 | 19:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan, bahkan janin yang ada didalam kandungannya.

Tahukah Anda apabila wanita yang sedang hamil mengalami berbagai perubahan hormon pada tubuhnya, nah terkadang peningkatan hormonal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada gusi dan lama kelamaan akan menyebabkan karies pada gigi. Apabila Anda tidak memperhatikan masalah ini maka pada tahap lanjut kondisi ini bisa mempengaruhi janin yang ada didalam kandungan Anda. Nah itulah mengapa para ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan kesehatan giginya disamping memperhatikan kesehatan kandungannya.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Ibu Hamil

1. Sikat Gigi Rutin

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi secara rutin seperti biasanya. Ya, walaupun terkadang para ibu hamil sering mengalami rasa mual ketika menggosok gigi tetapi ini harus tetap dilakukan agar kebersihan gigi tetap terjaga. Untuk mengatasi rasa mual yang dirasakan maka cobalah ganti pasta gigi yang sering Anda pakai dengan pasta gigi yang berbau tidak terlalu menyengat.

2. Menggunakan Obat Kumur

Setelah menyikat gigi ternyata kita juga harus menggunakan obat kumur secara teratur agar plak-plak gigi bisa terangkat. Seperti yang kita ketahui bahwa menggosok gigi saja sebenarnya sudah baik tetapi alangkah baiknya jika itu ditambah dengan obat kumur agar lebih bersih. Tips, pilihlah obat kumur yang rendah atau bahkan tidak mengandung alkohol agar tidak terasa pedas di mulut.

3. Konsumsi Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan bagi tubuh, apalagi saat kita didalam kondisi hamil maka tidak boleh kurang didalam mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan membahayakan janin yang ada didalam kandungan Anda. Selain itu, mengkonsumsi air putih di saat masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan gigi Anda juga.

4. Konsumsi Buahan dan Sayuran

Masa Kehamilan merupakan masa yang sangat rentan sehingga Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi buahan dan sayuran yang cukup agar nutrisi didalam tubuh terpenuhi sehingga apabila bayi Anda nanti lahir maka kondisinya akan sehat. Selain itu, kenapa ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur adalah karena bisa menyehatkan gigi mereka. So, konsumsilah buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan B12 karena ini sangat membantu kesehatan gigi ibu hamil tetapi jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang baik akan menjadi tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Lengket

Anda juga harus mengurangi makanan yang manis-manis dan lengket. Ingat ya, disini Anda hanya harus mengurangi bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan manis.  Kebanyakan mengkonsumsi makanan manis akan membuat karises pada gigi sehingga apabila dibiarkan saja maka ini akan juga bisa berdampak pada kesehatan janin Anda loh.

6. Periksa Kedokter Gigi

Cara terakhir untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil adalah dengan memeriksakan kondisi gigi Anda kepada dokter. Selain Anda harus mengontrol kandungan kepada dokter, Anda juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan gigi.




Fokus : Ibu Hamil


#Gigi #Ibu #Mulut #Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 11 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 14 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks