Cara Cerdas Mengobati Kutu Air

Oleh : Dirk/viva | Senin, 09 Desember 2019 | 14:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kutu air biasa nya di sebabkan karena kaki terkena air dan lembab dalam waktu yang lama . Kutu air bisa menyerang siapa terutama mereka yang kurang memperhatikan masalah kebersihan. Terlebih ketika musim hujan datang, jamur ini akan sangat mudah muncul ketika musim hujab. Keadaan yang lembab membuat jamur ini tumbuh subur pada musim hujan.
 
Penyebab Kutu Air
 
Penyebab kutu air atau jamur kaki adalah karena keadaan yang lembab dan juga kotor. Nah berikut ini beberapa penyebab utama dari kutu air atau jamur kaki.

1. Lingkungan yang lembab

Seperti yang disebutkan diatas jika penyebab utama munculnya kutu air adalah keadaan yang lembab. Jamur akan tumbuh subur dalam keadaan yang lembab. Jadi jika anda hidup dilingkungan yang lembab, anda akan lebih mudah terserang kutu air atau jamur kaki tersebut.

2. Terkena banjir atau air kotor

Nah seperti yang disebutkan diatas jika musim hujan juga menjadi penyebab utama munculnya kutu air atau jamur kaki. Hal ini dikarenakan musim hujan akan menyebabkan banyak tempat yang tergenang air, udara menjadi lembab, dan yang paling parah adalah banjir. Air hujan yang tergenang merupakan air kotor dan kita tidak dapat menghindari hal tersebut, dan jika kita tidak bisa menjaga kebersihan pada musim hujan, kita akan sangat mudah terserang kutu air atau jamur kaki tersebut.

3. Terlalu lama menggunakan sepatu

Penggunaan sepatu yang terlalu lama juga dapat meningkatkan resiko terserang kutu air. Hal ini dikarenakan keadaan kaki yang tertutup terlalu lama oleh sepatu akan membuat udara dan cahaya kesulitan masuk, akibatnya kulit kaki menjadi lembab dan gelap sehingga dengan mudah jamur akan tumbuh.

4. Menggunakan sepatu atau kaos kaki basah

Nah menggunakan sepatu atau kaos kaki basah akan lebih parah lagi. Ya kedaan sepatu atau kaos kaki yang basah akan membuat kulit kaki menjadi sangat lembab dan kotor. Dengan demikian, jamur akan dengan sangat mudah tumbuh dan menyebar.

5. Kaki yang sering terkena air cucian

Jika kaki anda sering terkena air cucian, maka anda juga akan beresiko terserang kutu air, terlebih jika air tersebut adalah air kotor. Oleh sebab itu hindarilah terkena air kotor dan juga jangan terlalu sering mencuci kaki, karena hal itu dapat membuat kaki menjadi lembab.
 
- Kulit terasa gatal dan berubah warna menjadi merahGejala kutu air
- Akan muncul rasa panas pada sela-sela jari kaki, bisa juga pada telapak kaki
- Kulit akan menjadi cepat kering dan bersisik
- Dalam keadaan tertentu juga dapat membuat kulit membengkak
- Kalau sudah parah akan membuat kulit melepuh dan bernanah
 
Proses penularan penyakit Kutu Air
 
Penyakit kutu air merupakan penyakit yang menular. Jamur ini akan dengan sangat mudah menular ke bagian kulit yang lain atau bahkan keorang lain. Berikut beberapa hal yang menjadi perantara kutu air menular.
- Kontak kulit secara langsung pada bagaian kulit yang menderita kutu air atau jamur kaki
- Menggunakan handuk yang sama dengan penderita kutu air
- Menggunakan kolam renang atau air bersama dengan penderita kutu air
- Kontak cairan, hal ini juga bisa penularan dari hewan
 
Cara Mengobati Kutu Air
 
Ada banyak cara mengobati penyakit kutu air ini. Namun biasanya orang lebih suka menggunakan krim anti kutu air yang biasa dijual di apotek terdekat. Namun anda juga bisa mengggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kutu air atau jamur kaki tersebut. Berikut beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati kutu air atau jamur kaki.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan obat alami yang sangat ampuh untuk mengobati kutu air. Kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa merupakan zat penting yang merupakan zat anti jamur dan anti inflamasi. Selain itu minyak kelapa juga dapat membuat kulit menjadi halus dan mulus. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu dengan cara anda oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang sakit dan biarkan minyak kelapa merasap.

2. Cuka apel

Kutu air akan menyebabkan Ph menjadi menyimpang dari batas normal. Nah untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan cuka apel.  Menggembalikan Ph kulit merupakan cara terbaik untuk memusnahkan jamur. Caranya yaitu anda buat larutan cuka apel dan mencampurkannya dengan air, dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian anda rendam kaki anda tersebut selama 20 atau 30 menit.
 

3. Garam

Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan larutan garam. Air garam sangat ampuh untuk mengatasi kutu air. Hal ini karena sifat garam yaitu anti jamur. Caranya yaitu campurkan 2 sendok teh garam dengan satu baskom air. Rendam kaki anda selama 20 menit.

4. Teh

Teh tidak hanya berfungsi sebagi minuman yang menyegarkan saja. Teh juga dapat kita gunakan sebagai ramuan ajain untuk atasi kutu air. Caranya yaitu anda masak air hingga mendidih, kemudian anda masukan beberapa tantong teh, biarkan hingga agak dingin dan remdam kaki anda selama kurang lebih 30 menit.

5. Soda kue

Soda kue juga terkenal sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit, Nah salah satunya yaitu untuk mengatasi kutu air.  Soda kue akan membunuh bakteri serta jamur penyebab kutu air. Caranya yaitu anda remdam kaki anda pada air yang telah anda campur dengan soda kue.

6. Bawang putih

Sama halnya dengan soda kue, bawang putih juga merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, Nah dalam hal ini anda juga dapat mengatasi kutu air dengan menggunakan bawang putih. Caranya anda tumbuk bawang putih kemdian anda tempelkan pada kulit anda yang sakit. Sifat bawang putih yaitu anti bakteri akan dengan mudah membunuh bakteri penyebab kutu air.

7. Minyak tree tea oil 

Kandunga dalam tanaman ini mampu bekerja dengan baik untuk membunuh mikroba. Selain itu juga aktif dalam proses penyembuhan. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan pada kulit yang sakit dan diamkan selama 1 jam.

8. Singkong

Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang dapat kita gunakan untuk mengobati kutu air. Caranya yaitu anda parut singkong kemudia anda tempelkan pada kulit anda yang sakit dan biarkan hingga kering. Lakukan cara ini berkali-kali atau setidaknya 2 kali dalam sehari, maka kutu air akan sembuh.

9. Daun talas

Daun talas juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kutu air. Ambilah kulit ari daun talas, kemudian jadikan pembalut pada kaki yang terkena kutu air. Cara ini juga terkenal ampuh untuk mengatasi kutu air.

10. Daun sirih

Selain daun talas, daun siri juga dapat anda jadikan sebagai obat kutu air. Siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian anda masak dengan air dan tambahkan sedikit garam. Tunggu hingga mendidih, dan diamkan hingga dingin, gunakan air tersebut untuk merendam kaki anda selama 20 menit, maka kutu air akan hilang.
 
Cara mencegah Kutu Air
 
Setelah kita membahas banyak tentang kutu air, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang cara untuk mencegah kutu air. Berikut cara mencegah kutu air.

1. Menjaga kebersihan kulit terutama kulit kaki

Kutu air disebabkan oleh jamur. Jamur akan tumbuh subur ditempat yang lembab dan kotor. Oleh sebab itu anda harus selalu menjaga kebersihan kulit anda terutama kulit kaki. Menjaga kebersihan kulit, tidak hanya akan mencegah anda dari kutu air, namun juga akan menjaga kesehatan kulit anda dari berbagai penyakit.

2. Menjaga kulit kaki agar selalu kering

Keadaan kulit kaki yang basah dan lembab akan membuat jamur penyebab kutu air mudah tumbuh. Oleh sebab itu anda harus selalu menjaga kulit agar selalu kering. Gunakan handuk bersih setelah anda mencuci kaki.

3. Menggunakan kaos kaki dan sepatu yang bersih

Kaos kaki atau sepatu merupakan hal yang paling berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Keadaan kaos kaki atau yang kotor akan mengundang berbagai penyakit kulit, salah satunya yaitu penyakit kutu air. Oleh sebab itu selalu gunakanlah kaos kaki atau sepatu yang bersih.
 
Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala, cara mengatasi dan cara mencegah kutu air. Kutu air akan sangat mudah tumbuh dilingkungan yang lembab, terumapa pada musim penghujan seperti ini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.



Fokus : Kutu Air


#Kutu Air
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks