5 Manfaat Sehat dari Hubungan Seks

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 06 Oktober 2019 | 07:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Bukan hanya memenuhi kehidupan seksual pasangan, ternyata berhubungan seks juga dapat menyehatkan setiap pasangan. Bagaimana tidak, sejumlah penelitian menunjukkan setidaknya ada lima manfaat berhubungan seks bagi kesehatan pria maupun wanita. Apa saja?

Berikut manfaat sehat seks bagi kesehatan, dikutip dari kompas.com:

1. Memperbaiki suasana hati 
Penelitian menunjukkan, berhubungan seks dengan orang yang kita cintai dapat meningkarkan suasana hati menjadi lebih naik. Menurut peneliti, bercinta dan orgasme merangsang prpduksi hormon endorfin yang bisa meningkatkan kesenangan. 

Selain itu ada hormon oksitosin yang membuat seseorang lebih murah hati pada pasangannya dan membuat tidur lebih tenang. Pelepasan oksitosin bisa terjadi saat berpelukan, setidaknya selama 20 menit. 

Menurut peneliti, wanita menghasilkan hormon ini empat kali lebih banyak dibanding pria. Psikolog Amerika Gordon Gallup pernah meneliti 300 wanita yang aktif berhubungan seks dan tidak. Hasilnya, wanita yang aktif lebih sedikit kemungkinannya mengalami depresi dibanding yang tidak. 

2. Menyehatkan Jantung 
Sebuah studi di Queens University di Belfast menunjukkan, melakukan hubungan seks tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Menurut ahli, laki-laki berisiko terkena serangan jantung saat bercinta adalah tidak benar. 

Profesor Peter Weisberg, direktur medis dari sebuah Yayasan jantung di Inggris mengatakan, tidak ada bukti laki-laki yang teratur berhubungan seks pada usia 40-50 tahun berisiko sakit jantung. 

"Seks adalah bentuk lain dari latihan fisik," kata Dr Graham Jackson, konsultan ahli jantung di Rumah Sakit Guy & St Thomas. 

3. Menangkal flu 
Musim dingin biasanya menyebabkan orang sakit pilek maupun flu. Menurut penelitian, berhubungan seks bisa menangkal penyakit tersebut. 

Penelitian menunjukkan, bercinta dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan imunoglobulin A, yaitu zat yang ditemukan dalam air liur dan lapisan hidung yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan pilek dan flu. 

Penelitian pernah mengukur kadar imunoglobulin dari air liur 11 pasangan suami istri. Hasilnya, mereka yang lebih sering berhubungan seks lebih memiliki imunoglobulin A yang tinggi dibanding yang tidak. 

4. Panjang umur 
Rutin berhubungan seks juga meningkatkan kemungkinan seseorang untuk hidup lebih lama. Penelitian menunjukkan, pria yang berhubungan seks kurang dari satu kali dalam sebulan memiliki dua kali lipat risiko kematian prematur, dibandingkan mereka yang berhubungan seks dua kali seminggu. 

"Aktivitas seksual tampaknya memiliki efek perlindungan pada kesehatan pria, " kata Dr Brewer. 

Peneliti menduga hal ini terkait dengan efek dari hormon utama seks, DHEA atau dehydroepiandroterone, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. 

5. Meningkatkan kesuburan 
Seorang ginekolog Dr Gillian Lockwood mengungkapkan, berhubungan seks juga dapat meningkatkan kesuburan. Menurut dia, sering berhubungan seks lebih baik dibanding tidak. 

Peneliti menemukan, pria yang ejakulasi hamoir setiap hari bisa menurunkan kerusakan DNA sperma sebanyak 12 persen. 

Menurut dia, bagi pria yang jumlah spermanya sedikit, semakin sering berhubungan seks maka semakin baik kualitas spermanya.



Fokus : Hubungan Seks


#Seks
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 10 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks