Ketahui, 6 Fakta dan Mitos tentang Stroke

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 09 Oktober 2019 | 14:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, dan dapat mengakibatkan kematian. Stroke umumya ditandai dengan timbulnya gangguan saraf. 

Beberapa mitos tentang penyakit ini sering beredar hingga membuat sebagian orang menjadi khawatir oleh karena itu ada baiknya mengetahui lebih dalam lagi tentang fakta dan kebenaran penyakit ini.

Menepis mitos-mitos yang beredar dan mengetahui fakta-faktanya bersama Robert Felberg, MD, direktur medis divisi stroke di Overlook Medical Center in Summit, NJ.

1. Mitos: stroke hanya terjadi pada orang lanjut usia.

Fakta: Stroke bisa menyerang siapa saja, bahkan beberapa jenis stroke bisa terjadi pada bayi dan anak-anak. Akhir-akhir ini, stroke banyak menyerang orang di bawah usia 65 tahun.

Kebanyakan penyebabnya adalah pola hidup tidak sehat seperti menggemari makanan yang sarat lemak jenuh, terlalu banyak mengonsumsi gula, kurang istirahat dan olahraga, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak menanggung stres.

Gejala stroke pada orang tua maupun muda, sebenarnya sama. Hanya saja banyak orang muda mengabaikannya karena berpikir mereka tak mungkin terkena stroke.

2. Mitos: Stroke adalah jenis penyakit yang susah dideteksi.

Fakta: Stroke mudah dikenali dengan test mandiri yang disebut FAST atau Face, Arm, Speech, Time (wajah, tangan, bicara dan waktu).

Jika seseorang mengalami penurunan otot wajah, biasanya sebagian otot wajah, kaki dan tangannya menjadi lemah, kesulitan bicara atau bicaranya terbata-bata dan lama, segera bawa ke rumah sakit terdekat. Semakin cepat orang itu mendapat penanganan medis, semakin cepat dia akan tertolong.

3. Mitos: Wanita terlindungi dari stroke.

Fakta: Pada kenyataannya, justru lebih banyak wanita yang terserang stroke daripada pria, walau selisihnya hanya sedikit.

"Pria cenderung mendapat penyakit jantung di usia yang lebih muda dan meninggal karenanya, sementara wanita hidup lebih lama," kata Felberg. Karena wanita lebih berumur panjang, mereka lebih banyak terekspos oleh stroke.

4. Mitos: Anda bisa mengatasi stroke di rumah dengan meminum aspirin.

Fakta: Meski aspirin mungkin bisa membantu ketika seseorang mendapat serangan jantung, bukan berarti aspirin bisa mengatasi serangan stroke.

Bahkan ketika Anda mengalami stroke dengan pendarahan (hemorrhagic stroke), aspirin justru akan memperburuk situasi karena salah satu sifat aspirin adalah mengencerkan darah.

5. Mitos: Stroke adalah salah satu jenis serangan jantung.

Fakta: "Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang menyebabkan kerusakan otak,"kata Felberg.

Kadang-kadang pembuluh darah itu tersumbat, atau pecah disertai dengan kejang. Stroke dan penyakit jantung memang berhubungan erat namun tidak sama. Stroke lebih terkait dengan otak.

6. Mitos: Stroke selalu disertai dengan gejala tertentu.

Fakta: Stroke juga bisa menyerang tanpa gejala yang jelas sebelumnya selain stroke itu sendiri. Alasan mengapa kondisi itu disebut stroke karena seringkali terjadi dengan tiba-tiba, dalam hitungan detik atau beberapa menit saja.




Fokus : Stroke


#Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
13 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks