Efek Bahaya Radiasi Wi-Fi dan Solusinya!

Oleh : Dirk/okezone | Kamis, 10 Oktober 2019 | 11:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Di era digital dan teknologi tak dapat dipungkiri ketergantungan akan penggunaan internet dengan menggunakan Wi-Fi kian berkembang pesat bahkan diprediksi akan menjadi kebutuhan manusia. Diluar itu, apakah Anda tahu bila radiasi Wi-Fi berbahaya bagi kesehatan?

Perusahan-perusahaan yang memproduksi Wi-Fi router harus mengikuti beberapa aturan ketat untuk melindungi kesehatan pengguna. Namun, kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dini akan bahaya dari radiasi.

Pertama, kita perlu memeriksa apakah router terhubung tanpa kabel. Perangkat nirkabel, seperti ponsel, tablet dan laptop dapat memancarkan sinyal WLAN (gelombang elektromagnetik). Loop sinyal-sinyal ini dapat membahayakan kesehatan kita dengan berbagai cara.

Sebuah studi telah menemukan, router dapat membahayakan kesehatan kita, serta memengaruhi pertumbuhan anak-anak, bahkan tanaman. Sama seperti sinyal nirkabel, radiasi elektromagnetik dapat menembus dinding. Jika router tidak dimatikan pada malam hari, maka Anda bisa terkena radiasi selama 24 jam.

Berikut ini adalah efek radiasi Wi-Fi terhadap kesehatan Anda seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Kurangnya konsentrasi

Peningkatan radiasi Wi-Fi dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas otak. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi daya konsentrasi dan memori dalam jangka panjang.

2. Memengaruhi pertumbuhan sel

Tanaman dan manusia akan terpengaruh karena radiasi Wi-Fi. Sebuah penelitian menemukan, tanaman di dekat daerah radiasi tidak pernah tumbuh, dan ini terjadi juga pada sel-sel dalam tubuh manusia.

3. Kelelahan

Kelelahan kronis adalah salah satu efek buruk dari radiasi. Perasaan sering lelah dan kekurangan energi untuk melakukan tugas sehari-hari cukup sering terjadi dalam kasus ini.

4. Meningkatkan risiko serangan jantung

Hasil dari respon fisik terhadap gelombang elektromagnetik, seseorang akan mengalami peningkatan denyut jantung. Kondisinya mirip dengan detak jantung ketika seseorang di bawah tekanan. Pada akhirnya, kondisi ini meningkatkan risiko mengalami serangan jantung.

5. Insomnia

Terkena gelombang radiasi elektromagnetik memengaruhi otak kita. Hal ini dapat merusak pola tidur, sehingga waktu tidak teratur. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan insomnia.

Mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi

Lalu, setelah mengetahui dampaknya, tentu Anda akan bertanya, bagaimana cara menghindari atau mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi? Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengurangi efek samping dari radiasi Wi-Fi.

1. Disconnect Wi-Fi

Sebelum pergi ke kamar tidur, pastikan Anda men-disconnect Wi-Fi. Hal ini langkah pertama yang tepat untuk mencegah radiasi di malam hari.

2. Jangan salah menempatkan router

Anda harus tahu tempat yang tepat untuk menempatkan router. Jangan menempatkan router di dapur atau kamar tidur, tetapi lebih baik di ruangan yang jarang digunakan anggota keluarga.

3. Mengurangi penggunaan dekat bayi

Lebih baik untuk benar-benar berhenti menggunakan Wi-Fi bila ada bayi di rumah. Karena, bayi lebih rentan mengalami gangguan pertumbuhan sel dan kerusakan lain akibat radiasi.




Fokus : WiFi


#WiFi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 8 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 11 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks