Find us on:

Efek Bahaya Radiasi Wi-Fi dan Solusinya!

Oleh : Dirk/okezone | Kamis, 10 Oktober 2019 | 11:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Di era digital dan teknologi tak dapat dipungkiri ketergantungan akan penggunaan internet dengan menggunakan Wi-Fi kian berkembang pesat bahkan diprediksi akan menjadi kebutuhan manusia. Diluar itu, apakah Anda tahu bila radiasi Wi-Fi berbahaya bagi kesehatan?

Perusahan-perusahaan yang memproduksi Wi-Fi router harus mengikuti beberapa aturan ketat untuk melindungi kesehatan pengguna. Namun, kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dini akan bahaya dari radiasi.

Pertama, kita perlu memeriksa apakah router terhubung tanpa kabel. Perangkat nirkabel, seperti ponsel, tablet dan laptop dapat memancarkan sinyal WLAN (gelombang elektromagnetik). Loop sinyal-sinyal ini dapat membahayakan kesehatan kita dengan berbagai cara.

Sebuah studi telah menemukan, router dapat membahayakan kesehatan kita, serta memengaruhi pertumbuhan anak-anak, bahkan tanaman. Sama seperti sinyal nirkabel, radiasi elektromagnetik dapat menembus dinding. Jika router tidak dimatikan pada malam hari, maka Anda bisa terkena radiasi selama 24 jam.

Berikut ini adalah efek radiasi Wi-Fi terhadap kesehatan Anda seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Kurangnya konsentrasi

Peningkatan radiasi Wi-Fi dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas otak. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi daya konsentrasi dan memori dalam jangka panjang.

2. Memengaruhi pertumbuhan sel

Tanaman dan manusia akan terpengaruh karena radiasi Wi-Fi. Sebuah penelitian menemukan, tanaman di dekat daerah radiasi tidak pernah tumbuh, dan ini terjadi juga pada sel-sel dalam tubuh manusia.

3. Kelelahan

Kelelahan kronis adalah salah satu efek buruk dari radiasi. Perasaan sering lelah dan kekurangan energi untuk melakukan tugas sehari-hari cukup sering terjadi dalam kasus ini.

4. Meningkatkan risiko serangan jantung

Hasil dari respon fisik terhadap gelombang elektromagnetik, seseorang akan mengalami peningkatan denyut jantung. Kondisinya mirip dengan detak jantung ketika seseorang di bawah tekanan. Pada akhirnya, kondisi ini meningkatkan risiko mengalami serangan jantung.

5. Insomnia

Terkena gelombang radiasi elektromagnetik memengaruhi otak kita. Hal ini dapat merusak pola tidur, sehingga waktu tidak teratur. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan insomnia.

Mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi

Lalu, setelah mengetahui dampaknya, tentu Anda akan bertanya, bagaimana cara menghindari atau mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi? Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengurangi efek samping dari radiasi Wi-Fi.

1. Disconnect Wi-Fi

Sebelum pergi ke kamar tidur, pastikan Anda men-disconnect Wi-Fi. Hal ini langkah pertama yang tepat untuk mencegah radiasi di malam hari.

2. Jangan salah menempatkan router

Anda harus tahu tempat yang tepat untuk menempatkan router. Jangan menempatkan router di dapur atau kamar tidur, tetapi lebih baik di ruangan yang jarang digunakan anggota keluarga.

3. Mengurangi penggunaan dekat bayi

Lebih baik untuk benar-benar berhenti menggunakan Wi-Fi bila ada bayi di rumah. Karena, bayi lebih rentan mengalami gangguan pertumbuhan sel dan kerusakan lain akibat radiasi.




Fokus : WiFi


#WiFi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks