Tunda Menopause Dini pada Wanita, ini Caranya!

Oleh : Dirk/DN | Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan yang berarti juga akhir masa reproduktif. Usia menopause pada tiap wanita berbeda-beda, tapi menopause umumnya terjadi usia 50 tahun. Meski demikian, ada juga sebagian wanita yang mengalaminya sebelum berusia 40 tahun.

Hal inilah yang membuat tidak sedikit wanita yang merasa takut ketika menghadapi menopause ini apalagi menopause yang datang lebih awal dari waktu yang seharusnya. 

Meskipun menopause merupakan peristiwa alamiah yang dialami oleh setiap wanita, namun sesungguhnya setiap wanita bisa menunda agar menopause dini tersebut tidak terjadi. Penyebab terjadinya menopause yang lebih awal dipengaruhi oleh pola hidup dan juga lingkungan. Jika setiap wanita ingin mencegah menopause dini, sebaiknya wanita melakukan beberapa hal yang dapat mencegah menopause dini terjadi seperti berikut ini:

Cara Menunda Menopause dengan Mengkonsumsi makanan yang baik

Saat ini ada sangat banyak makanan yang sangat lezat di lidah tetapi sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan. Makanan-makanan sekarang ini banyak mengandung lemak jahat, juga bahan-bahan kimia yang berbahaya, untuk memberikan rasa yang begitu kuat karena jumlah dalam pemberian penyedap rasa sangat banyak dan beberapa makanan yang hanya mengenyangkan saja tetapi tidak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Mengkonsumsi jenis makanan-makanan seperti ini setiap harinya, tidak hanya akan menimbulkan permasalahan kesehatan saja tetapi juga dapat mempercepat datangnya menopause pada wanita. Lalu, untuk mencegah terjadinya menopause dini, setiap wanita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan selalu menjaga kondisi tubuh tetap segar. Banyak mengkonsumsi buah-buahan, minyak zaitun, sayur-sayuran hijau, madu dan makanan yang menyehatkan lainnya.

Cara Menunda Menopause dengan Menghindari kebiasaan tidak sehat

Pergaulan di area perkotaan telah membuat banyak kaum wanita mencoba untuk mencicipi alkohol dan kecanduan juga pada rokok. Padahal kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya menopause dini pada seorang wanita. Alkohol dan kandungan yang terdapat pada rokok dapat mengganggu sirkulasi darah ke rahim dan ovarium sehingga mengakibatkan menstruasi menjadi tidak teratur. Maka dari itu salah satu cara menunda menopause dini dengan menghentikan kebiasaan merokok dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Cara Menunda Menopause dengan Melakukan olahraga secara teratur

Melakukan olahraga adalah salah satu kebutuhan penting yang sering diabaikan. Olahraga yang teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar sekaligus dapatmencegah terjadinya menopause dini. Lakukanlah olahraga secara rutin setidaknya selama setengah jam setiap harinya. Lakukanlah olahraga yang disukai yang cukup ringan seperti lari pagi, bersepeda di lingkungan sekitar, berenang maupun jalan sehat.

Cara Menunda Menopause dengan Mengkonsumsi ramuan alami

Leluhur kita memiliki sangat banyak resep tradisional yang diracik menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu diantaranya adalah ramuan alami untuk merawat kesehatan organ intim kewanitaan dari dalam dan sekaligus dapat menunda terjadinya menopause




Fokus : Menopause


#Wanita #Menopause
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks