Pertajam Daya Ingat dengan 5 Trik ini!

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Memiliki daya ingat dan memori yang baik sangat diinginkan oleh setiap orang apalagi mereka yang aktivitasnya di sekolah maupun kantor tentu harus terus memutar otak.

Bagi anak sekolah untuk menghadapi ujian yang akan datang, terkadang harus membaca dan mengingat apa yang sudah pelajari. Masalahnya mereka akan kembali lupa kemungkinan hal itu terjadi karena teknik menghapal Anda salah.

Ada banyak cara untuk meningkatkan memori. Salah satu teknik yang paling sering dipakai adalah menggarisbawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang sebuah teks yang harus dihapal. Sayangnya, cara ini kurang efektif pada sebagian besar orang.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat yang bisa membantu Anda menghadapi ujian, mengesankan orang yang Anda temui di sebuah acara, atau untuk mengingat beberapa hal penting. 

1. Tidur setelah belajar
Segera sesudah kita belajar hal baru atau melakukan sesuatu, kita akan mengingatnya dengan detail. Seiring waktu, setelah makin banyak yang kita lakukan, baca, atau pelajari, memori perlahan-lahan menurun dan semakin tidak akurat. Selain itu, memori baru memang rapuh dan gampang dilupakan.

Jadi, bagaimana cara kita melindungi memori baru? Untuk meningkatkan proses konsolidasi memori, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah tidur. Penelitian mengungkap, pelajar yang tidur setelah tiga jam mempelajari sebuah materi memiliki daya ingat 16 persen lebih baik. Tidur bisa menghilangkan stimulus lingkungan yang mungkin mengganggu hal yang kita pelajari. 

2. Visualisasi
Terkadang, otak kita tidak bisa membedakan perbedaan antara yang ril dan imajinasi. Menggunakan strategi untuk menyandi (encoding) informasi merupakan cara untuk membuat sesuatu hal mudah diingat. Nah, cara yang bisa kita lakukan dalam menyandi informasi yang banyak secara efektif adalah mevisualisasikan. Bayangkan secara visual informasi yang harus kita ingat.

3. Membagi-bagi
Secara teori kita bisa menyimpan sekitar 7 bagian informasi dalam memori jangka pendek pada satu waktu. Tak heran bila kita sulit mengingat nomor ponsel yang terdiri dari 12 angka. Salah satu teknik untuk meningkatkan daya ingat adalah membagi atau memotong informasi menjadi pecahan kecil.

4. Ambil jeda
Dari pada belajar secara marathon, ambilah jeda setiap beberapa menit. Tingkat konsentrasi kita akan lebih baik untuk durasi waktu tertentu. 

Penelitian juga menunjukkan, belajar dalam durasi waktu singkat lebih efektif untuk diingat ketimbang jam belajar yang panjang. Oleh karenanya, untuk menghadapi ujian penting sebaiknya jangan belajar semalaman, tapi pelajari materi-materinya dalam beberapa sesi waktu.

5. Rinci lebih lanjut
Pikirkan tentang sesuatu (konsep/ide) dan tambahkan makna tentang hal itu dengan mengaitkannya pada hal lain yang sudah Anda tahu. Walau perlu tambahan usaha, tetapi merinci sesuatu hal yang sedang kita pelajari dapat membuat kita mengingat lebih baik dan detil. Bukan hanya itu, teknik ini juga membuat materi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjang. 




Fokus : Daya Ingat


#Daya Ingat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

6 Dampak Buruk dari Kurang Tidur

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri kurang tidur sangat berdampak buruk bagi kesehatan hal ini bukan hanya sekedar opini..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Kanker Payudara pada Pria ini Gejalanya!

Wartakesehatan - Kanker payudara adalah salah satu kanker yang melekat dengan kehidupan wanita namun jangan salah karena..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lemon

Wartakesehatan.com - Lemon merupakan buah sejenis jeruk ,buah ini biasany digunakan dalam kehidupan sehari seperti..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan - Salah satu penyakit yang paling umum diderita manusia adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cuci Tangan ternyata Sangat Penting

Wartakesehatan - Mencuci tangan adalah hal yang biasa dilakukan sebelum mengonsumsi sesuatu, namun ada beberapa orang yang..
Herbal - 6 jam yang lalu

Bahan Herbal Ampuh atasi Bau Badan

Wartakesehatan - Bau badan sering muncul bersamaan saat berkeringat hal ini karena aktivitas langsung diluar dengan..
Mamin - 7 jam yang lalu

8 Makanan ini Ampuh Sembuhkan Sakit Ginjal

Wartakesehatan.com - Penyakit ginjal merupakan penyakit yang paling umum dialami kebayakan orang. Penyakit Ginjal bisa..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

5 Tips Sederhana Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan - Serangan jantung adalah penyakit mematikan yang bisa datang tiba-tiba dan menyerang siapa saja...
Kecantikan - 9 jam yang lalu

5 Kebiasaan Buruk Penggunaan Make-Up

Wartakesehatan.com - Banyak kebiasaan buruk yang dilakukan kaum hawa dalam menerapkan make-up. Sehingga membuat wajah..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Cara Alami atasi Rematik

Wartakesehatan.com - Penyakit rematik ini biasanya ditandai dengan membengkaknya sendi sendi tubuh. Selain itu juga,..

+Indeks