Pertajam Daya Ingat dengan 5 Trik ini!

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Memiliki daya ingat dan memori yang baik sangat diinginkan oleh setiap orang apalagi mereka yang aktivitasnya di sekolah maupun kantor tentu harus terus memutar otak.

Bagi anak sekolah untuk menghadapi ujian yang akan datang, terkadang harus membaca dan mengingat apa yang sudah pelajari. Masalahnya mereka akan kembali lupa kemungkinan hal itu terjadi karena teknik menghapal Anda salah.

Ada banyak cara untuk meningkatkan memori. Salah satu teknik yang paling sering dipakai adalah menggarisbawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang sebuah teks yang harus dihapal. Sayangnya, cara ini kurang efektif pada sebagian besar orang.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat yang bisa membantu Anda menghadapi ujian, mengesankan orang yang Anda temui di sebuah acara, atau untuk mengingat beberapa hal penting. 

1. Tidur setelah belajar
Segera sesudah kita belajar hal baru atau melakukan sesuatu, kita akan mengingatnya dengan detail. Seiring waktu, setelah makin banyak yang kita lakukan, baca, atau pelajari, memori perlahan-lahan menurun dan semakin tidak akurat. Selain itu, memori baru memang rapuh dan gampang dilupakan.

Jadi, bagaimana cara kita melindungi memori baru? Untuk meningkatkan proses konsolidasi memori, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah tidur. Penelitian mengungkap, pelajar yang tidur setelah tiga jam mempelajari sebuah materi memiliki daya ingat 16 persen lebih baik. Tidur bisa menghilangkan stimulus lingkungan yang mungkin mengganggu hal yang kita pelajari. 

2. Visualisasi
Terkadang, otak kita tidak bisa membedakan perbedaan antara yang ril dan imajinasi. Menggunakan strategi untuk menyandi (encoding) informasi merupakan cara untuk membuat sesuatu hal mudah diingat. Nah, cara yang bisa kita lakukan dalam menyandi informasi yang banyak secara efektif adalah mevisualisasikan. Bayangkan secara visual informasi yang harus kita ingat.

3. Membagi-bagi
Secara teori kita bisa menyimpan sekitar 7 bagian informasi dalam memori jangka pendek pada satu waktu. Tak heran bila kita sulit mengingat nomor ponsel yang terdiri dari 12 angka. Salah satu teknik untuk meningkatkan daya ingat adalah membagi atau memotong informasi menjadi pecahan kecil.

4. Ambil jeda
Dari pada belajar secara marathon, ambilah jeda setiap beberapa menit. Tingkat konsentrasi kita akan lebih baik untuk durasi waktu tertentu. 

Penelitian juga menunjukkan, belajar dalam durasi waktu singkat lebih efektif untuk diingat ketimbang jam belajar yang panjang. Oleh karenanya, untuk menghadapi ujian penting sebaiknya jangan belajar semalaman, tapi pelajari materi-materinya dalam beberapa sesi waktu.

5. Rinci lebih lanjut
Pikirkan tentang sesuatu (konsep/ide) dan tambahkan makna tentang hal itu dengan mengaitkannya pada hal lain yang sudah Anda tahu. Walau perlu tambahan usaha, tetapi merinci sesuatu hal yang sedang kita pelajari dapat membuat kita mengingat lebih baik dan detil. Bukan hanya itu, teknik ini juga membuat materi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjang. 




Fokus : Daya Ingat


#Daya Ingat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks