Awas 4 Kesalahan Pakai Softlens berakibat Fatal

Oleh : Dirk/okezone | Jumat, 17 Januari 2020 | 07:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Soft Lens begitu kita menyebut lensa kontak, bisa begitu nyaman dipakai hingga kita lupa cara menggunakannya dengan benar. Menurut satu survei CDC, 99 persen pengguna lensa kontak berisiko infeksi karena penyalahgunaan lensa kontak.

"Alasan kesalahan yang umum dilakukan pengguna lensa kontak adalah kesalahan dapat dilakukan berkali-kali sebelum masalah yang paling buruk terjadi," kata Keith Walter, MD, seorang dokter mata di Wake Forest Baptist Medical Center.

Lalu apa saja kesalahan umum yang bila dibiarkan bisa menyebabkan akibat fatal? Berikut empat kesalahan tersering yang dilakukan pengguna lensa kontak, seperti dilansir dari Menshealth.

Tidur dengan mengenakan lensa

Lensa menghambat oksigen masuk ke kornea Anda, menyebabkan kerusakan perlahan di sel-sel permukaannya. Ketika Anda menutup mata selama tidur, lingkungan di bawah lensa kontak akan lebih hangat, gelap, dan lembab dengan sedikit oksigen, yang disenangi bakteri dan jamur.

Jadi pastikan Anda melepas lensa kontak sebelum tidur dan mencucinya bila Anda baru terbangun dari tidur tidak disengaja dengan lensa kontak Anda, pesan Dr Walter.

Ganti cairan perendam lensa dalam wadah perendam

Ini berarti Anda harus membuang air perendam lensa yang lama sebelum menempatkan lensa kontak yang telah dibersihkan. Jadi, jangan timpa air perendam lama dengan yang baru. Pastikan juga Anda melap kering wadah penyimpanan dan mengganti larutan perendam tiga bulan sekali.

Bilas lensa kontak dengan air keran

Dalam keadaan darurat, Anda mungkin menggunakan air keran untuk membilas atau membasahi kontak lensa Anda. Tapi itu ide yang buruk. Air keran bisa mengandung amuba yang diketahui menyebabkan Acanthamoeba keratitis, satu bentuk infeksi mata yang sulit diobati, kata Dr Walter.

Menggunakan lensa kontak di luar batas

Lensa kontak Anda memiliki batas waktu pakai, entah itu harian atau bulanan. Anda perlu mengikuti peraturan yang disampaikan pada petunjuk kemasan atau petugas optik, kata Dr Walter. Namun, yang pasti, lensa kontak sebaiknya tidak digunakan berhari-hari tanpa dilepas sebelum tidur atau mandi dan dicuci dengan baik.




Fokus : Soflens


#Soflens
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 13 menit yang lalu

Faktor Penyebab Bayi Sungsang Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Penyebab bayi sungsang memang belum diketahui secara pasti. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang bisa..
Warta Sehat - 43 menit yang lalu

Macam-Macam Infeksi Mata Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Infeksi mata bisa ditandai dengan mata merah, terasa sakit, berair, belekan, dan sensitif terhadap cahaya...
Konsultasi - 1 jam yang lalu

Penyebab Gangguan Otot Yang Perlu Anda Ketahui

Wartakesehatan.com-Gangguan otot dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal itu karena otot merupakan bagian penting dari..
Herbal - 1 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 2 jam yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 4 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks