Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Oleh : Dirk/kompas | Kamis, 17 Oktober 2019 | 11:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penyebab jerawat ialah karena seseorang yang memiliki kulit berminyak rentan terhadap jerawat, karena minyak berlebih dengan mudah dapat terjebak di pori dan menyebabkan penyumbatan.

Jerawat juga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang, bahkan mendorong seseorang untuk bunuh diri. Jerawat memang sangat terkait dengan rasa percaya diri, bahkan harga diri. Lebih dari separuh (56 persen) orang yang punya masalah dengan jerawat mengaku pernah menjadi korban pelecehan secara verval dari teman atau keluarganya.

Sementara itu, satu dari lima orang mengaku, masalah kulitnya itu mengakibatkan rusaknya hubungan dalam keluarga atau pertemanan.

Survei yang dilakukan oleh British Skin Foundation (BSF) mengungkap, 10 persen dari pemilik jerawat mengalami perlakuan yang tidak adil. Hanya karena jerawat, mereka harus dipecat dari pekerjaan mereka.

Jerawat yang membuat runyam itu disebabkan oleh kombinasi dari komedo dan bintik berisi nanah, atau pustula. Jerawat biasanya muncul pada masa awal pubertas. Tingkat keparahan jerawat bervariasi, mulai dari beberapa titik di wajah, leher, punggung dan dada, hingga masalah yang lebih serius sehingga dapat menyebabkan jaringan parut.

Survei BSF mengungkapkan, 20 persen dari 2.299 responden memiliki pemikiran dan niatan untuk mencoba bunuh diri karena kondisi yang mereka alami.

Konsultan dermatolog dan juru bicara British Skin Foundation, dr Anjali Mahto, mengatakan tak terkejut dengan pengaruh jerawat yang begitu besar pada hidup manusia.

"Jerawat sebenarnya adalah kondisi yang bisa disembuhkan. Dokter kulit yang baik bisa memberikan terapi yang disesuaikan dengan kondisi tiap orang," katanya.

Kulit adalah organ yang terlihat jelas sehingga terkait erat dengan kepercayaan diri. "Jangan remehkan jerawat dan pengaruhnya," katanya.




Fokus : Jerawat


#Jerawat #Bunuh Diri
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks