Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Oleh : Dirk/kompas | Kamis, 17 Oktober 2019 | 11:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penyebab jerawat ialah karena seseorang yang memiliki kulit berminyak rentan terhadap jerawat, karena minyak berlebih dengan mudah dapat terjebak di pori dan menyebabkan penyumbatan.

Jerawat juga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang, bahkan mendorong seseorang untuk bunuh diri. Jerawat memang sangat terkait dengan rasa percaya diri, bahkan harga diri. Lebih dari separuh (56 persen) orang yang punya masalah dengan jerawat mengaku pernah menjadi korban pelecehan secara verval dari teman atau keluarganya.

Sementara itu, satu dari lima orang mengaku, masalah kulitnya itu mengakibatkan rusaknya hubungan dalam keluarga atau pertemanan.

Survei yang dilakukan oleh British Skin Foundation (BSF) mengungkap, 10 persen dari pemilik jerawat mengalami perlakuan yang tidak adil. Hanya karena jerawat, mereka harus dipecat dari pekerjaan mereka.

Jerawat yang membuat runyam itu disebabkan oleh kombinasi dari komedo dan bintik berisi nanah, atau pustula. Jerawat biasanya muncul pada masa awal pubertas. Tingkat keparahan jerawat bervariasi, mulai dari beberapa titik di wajah, leher, punggung dan dada, hingga masalah yang lebih serius sehingga dapat menyebabkan jaringan parut.

Survei BSF mengungkapkan, 20 persen dari 2.299 responden memiliki pemikiran dan niatan untuk mencoba bunuh diri karena kondisi yang mereka alami.

Konsultan dermatolog dan juru bicara British Skin Foundation, dr Anjali Mahto, mengatakan tak terkejut dengan pengaruh jerawat yang begitu besar pada hidup manusia.

"Jerawat sebenarnya adalah kondisi yang bisa disembuhkan. Dokter kulit yang baik bisa memberikan terapi yang disesuaikan dengan kondisi tiap orang," katanya.

Kulit adalah organ yang terlihat jelas sehingga terkait erat dengan kepercayaan diri. "Jangan remehkan jerawat dan pengaruhnya," katanya.




Fokus : Jerawat


#Jerawat #Bunuh Diri
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
3 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks