Bahan Herbal Ampuh atasi Bau Badan

Oleh : Dirk/jpnn | Jumat, 15 Nopember 2019 | 15:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Bau badan sering muncul bersamaan saat berkeringat hal ini karena aktivitas langsung diluar dengan paparan sinar matahari. Hal ini karena bakteri di daerah yang lembap terkena keringat. Padahal, bau badan sering membuat seseorang tidak percaya diri berinteraksi dengan orang lain. Apalagi, bau tak sedap begini mungkin mengganggu orang di sekitarnya. Untuk mengatasinya, cara alami bisa ditempuh. Ada pula yang menyemprotkan bahan kimia seperti parfum.

Sejatinya bahan-bahan alami di sekitar kita dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan. Sebut saja sirih, daun kemangi, daun beluntas, dan temulawak. ''Bahan alami itu mengandung zat-zat yang dapat mengatasi bau badan,'' kata Ketua Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT) UWM Lanny Hartanti.

Daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami. Bau badan yang bisa timbul karena bakteri mampu dihilangkan dengan daun sirih. ''Daun sirih bisa direbus, lalu airnya diambil,'' jelas Lanny. Air rebusan tersebut dapat diminum. Selain itu, air tersebut sah-sah saja dipakai untuk mandi.

Daun beluntas dan kemangi juga berkhasiat menghilangkan bau badan. Uniknya, daun itu boleh dikonsumsi. Daun beluntas bisa dibuat botok atau dijadikan urap. ''Daun kemangi sudah sering digunakan untuk lalapan,'' ujar Lanny.

Sementara itu, temulawak biasanya dikonsumsi sebagai minuman. Rimpang yang mengandung saponin tersebut mampu mengurangi bau badan. ''Temulawak bisa diparut, lalu airnya diperas. Agar rasanya enak, bisa ditambahkan madu,'' terangnya.

Menurut Lanny, nenek moyang sebenarnya sudah memilih bahan makanan apa saja yang bermanfaat dengan tubuh. ''Yang dimakan itu pasti ada manfaatnya,'' tegasnya.




Fokus : Bau Badan


#Bau #Badan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks