Cuci Tangan ternyata Sangat Penting

Oleh : Dirk/okezone | Jumat, 15 Nopember 2019 | 16:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Mencuci tangan adalah hal yang biasa dilakukan sebelum mengonsumsi sesuatu, namun ada beberapa orang yang menganggap hal ini biasa saja. Padahal tahukah anda? cuci tangan adalah hal yang super penting dilakukan dalam perang melawan kuman. Tak heran jika kegiatan yang bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit ini selalu dikampanyekan untuk dijadikan kebiasaan.

Kegiatan cuci tangan dengan air mengalir sudah baik. Tapi akan lebih baik jika langkah-langkah yang dilakukan benar. Faktanya, menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology, cara paling efektif untuk mencuci tangan hanya membutuhkan 43 detik dengan membersihkan setiap telapak dan jemari tangan.

Langkah-langkah memcuci tangan yang mungkin pernah Anda pelajari sesungguhnya telah diuji oleh peneliti. Sekelompok dokter dan perawat di rumah sakit di Inggris mencuci tangan dengan tiga langkah menggunakan sanitizer bernasis alkohol. Grup kedua menggunakan sabun dan air, diikuti dengan enam langkah yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Para peneliti kemudian menguji keberadaan bakteri sisa di tangan peserta penelitian. Mereka kemudian menemukan bahwa dokter yang mengikuti enam langkah mencuci tangan dengan sabun dan air terbukti lebih bersih setelah berinteraksi dengan pasien infeksi. Jadi, di kesempatan berikutnya, Anda mungkin harus lebih perhatian dengan teknik menggosok tangan Anda. Demikian dikutip dari Womenshealthmag.




Fokus : Cuci Tangan


#Tangan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks