Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Oleh : Dirk/okezone | Jumat, 15 Nopember 2019 | 17:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Salah satu penyakit yang paling umum diderita manusia adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Biasanya ketika menderita penyakit ini nafsu makan seseorang menjadi berkurang.

Penyakit ini adalah peradangan akut yang terjadi pada membran selaput lendir di bagian bawah ujung tenggorokan, kemungkinan juga terjadi peradangan bagian amandel dan langit-langit mulut yang lunak. Indikasi utama pada sakit tenggorokan adalah rasa sakit ketika sedang menelan dan kadang-kadang seperti rasa panas terbakar di tenggorokan.

Penyebab penyakit ini adalah karena terlalu sering mengonsumsi minuman dingin, adanya infeksi akibat bernapas melalui mulut, alergi atau bisa juga karena sebab yang lain. Biasanya orang ketika sakit tenggorokan mengonsumsi antibiotik, padahal tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Berikut ini adalah beberapa pengobatan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip dari Health. Berkumur dengan jus lidah buaya dua kali sehari. Anda juga bisa berkumur dengan campuran setengah sendok teh klorofil yang dicampur dengan setengah cangkir air, berkumur sebanyak 3 kali sehari. Bisa juga  mencampurkan satu sendok teh sari cuka apel, satu sendok teh lada cayenne dan 3 sendok makan madu yang dicampurkan dalam segelas air hangat, berkumurlah sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga bisa membuat teh chamomile yang ditambahkan dengan 1 sampai 2 sendok teh bubuk chamomile yang dikeringkan dalam air panas, minum setiap beberapa jam sekali. Atau juga bisa mengiris jahe seperti koin dan letakkan dalam teko kecil, lalu seduh dengan air panas seperti membuat teh hingga warnanya coklat kekuning-kuningan. Tambahkan 3 sendok makan madu untuk membuat rasa menjadi manis, lalu minum secara perlahan-lahan.

Selain itu, Anda bisa teteskan 5 tetes ekstrak biji buah anggur yang dicampurkan dengan air lalu kumur secara perlahan-lahan. Ekstrak ini berguna sebagai antimikroba dan membunuh bakteri. Anda juga bisa campurkan madu dengan jus lemon dalam satu sendok makan, lalu berkumur dan biarkan berada di tenggorokan beberapa saat. Ini berguna untuk membantu mengurangi iritasi, lakukan beberapa kali dalam sehari.

Campuran seperempat sari cuka apel ditambahkan seperempat madu pun bisa anda buat, lalu diminum setiap 4 jam sekali untuk mengurangi rasa sakit. Terakhir, Anda bisa campurkan segelas air hangat dengan satu sendok teh garam, lalu berkumurlah beberapa kali dalam sehari.

Dengan menggunakan pengobatan yang alami, maka Anda mengurangi memasukkan zat-zat kimia yang terdapat dalam antibiotik ke dalam tubuh sehingga lebih aman. Serta mengurangi efek samping yang bisa ditimbulkan.




Fokus : Sakit Tenggorokan


#Sakit tenggorokan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 menit yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
1 jam yang lalu

Lada Hitam kaya akan Antioksidan

Wartakesehatan.com - Lada hitam merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan di hampir seluruh sajian makanan. Iada..
Mamin - 2 jam yang lalu

5 Konsep Dasar Pola Makan Sehat

Wartakesehatan.com - Pola makan sehat ini perlu kita jaga, karena banyak sekali hal yang mengancam kesehatan kita dari apa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Langkah Efektif Tingkatkan IQ

Wartakesehatan - Meskipun tingkat kecerdasan intelektual terdapat batasan alami, namun penelitian terbaru telah..
Mamin - 4 jam yang lalu

No Title

Kecantikan - 5 jam yang lalu

Awas, Stres bisa Merusak Kulit dan Rambut

Wartakesehatan.com - Stress merupakan dimana seseorang dalam keadaan sedih karena masalah yang dihadapinya. Kondisi ini..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Beberapa Penyakit Pertanda Anda sedang Stres

Wartakesehatan.com - Apa kamu merasa ada yang aneh dengan tubuhmu, seperti migrain, nyeri sendi, dan pencernaan..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Wartakesehatan.com - Chronic Fatigue Syndrome atau sindrom kelelahan kronis adalah penyakit kronis yang kompleks dan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Cara Tetap Berenergi Selama Sehari

Wartakesehatan.com - Bekerja penuh dari pagi membuat energy surut saat siang hari, sehingga menyebabkan rasa kantuk dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Warna Air Kencing bisa Deteksi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ketika anda sedang berada di toilet untuk buang air kecil, apakah Anda selalu menyempatkan diri untuk..

+Indeks