Alasan Mengapa Anda Terlambat Datang Bulan

Oleh : Dirk Christ | Senin, 13 Januari 2020 | 19:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ladies, jangan panik dulu ini dia 7 alasan yang dapat menjelaskan mengapa kamu belum mengalami datang bulan.

1. Stres

Stres dapat membuat hormon tidak stabil, karena saat kamu dilanda stres, bagian otak yang mengatur siklus datang bulan dapat terpengaruhi. Lama-lama, stres dapat membuat kamu jatuh sakit atau mengubah berat badan secara drastis dua hal yang sama-sama menyebabkan menstruasi yang terlambat juga.

2. Berat Badan Rendah

Wanita yang mengalami gangguan makan seperti anorexia atau bulimia dapat mengalami keterlambatan menstruasi, atau bahkan melewati satu bulan tanpa datang bulan. Jika berat badan kamu 10% di bawah angka yang sewajarnya, fungsi tubuh kamu dapat berubah dan ovulasi bisa terhenti. Ladies, carilah bantuan profesional agar tubuh kamu dapat kembali sehat.

3. Olahraga Ekstrim

Atlit wanita seringkali mengalami menstruasi yang tertunda atau siklus yang tidak teratur. Did you know? Tubuh seorang wanita membutuhkan lemak, dan bila persentase lemak tubuh sangat rendah, tubuh akan berpikir bahwa kamu kelaparan dan langsung mengambil tindakan untuk menyimpan sisa energinya… dan salah satu caranya adalah dengan menghentikan keaktifan sistem reproduksi.

4. Obesitas

Seperti berat badan rendah, berat badan yang terlalu tinggi juga dapat mengubah keseimbangan hormon. Ladies, waktunya untuk olahraga dan menjalankan diet yang sehat – demi kesehatan tubuh kamu, ok?

5. Pil kB

Kamu dapat mengalami perubahan siklus menstruasi saat kamu memulai atau menghentikan pemakaian pil kB, karena obat tersebut mengandung hormon estrogen dan progestin yang menghentikan produksi telur. Kamu bisa menghentikan penggunaan pil dan menunggu sampai 6 bulan untuk mengembalikan siklus datang bulan yang teratur.

6. Masalah Tiroid

Tiroid alias kelenjar gondok yang terlalu aktif (atau tidak aktif) dapat menjadi penyebab menstruasi terlambat. Tiroid mengatur metabolisme tubuh, maka level hormon pun bisa terganggu. Kunjungi dokter yang terpercaya untuk mendapatkan perawatan agar datang bulan kembali normal.

7. Mati Haid Dini

Kebanyakan wanita mengalami mati haid pada usia 45 hingga 55 tahun, namun ada juga wanita yang mendapatnya di usia 40 atau sebelumnya. Itu artinya, persediaan telur kamu menurun dan datang bulan pun akan menjadi semakin jarang sebelum mati haid.




Fokus : Datang Bulan


#Datang Bulan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks