Apa Saja yang Terjadi Ketika Tubuh Kurang Tidur ?

Oleh : Dirk/bantennews | Senin, 13 Januari 2020 | 20:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com  - Kurang tidur disebut juga meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan ketika berkendara lho detikers. Berdasarkan data dari AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika memiliki jam tidur yang kacau dan mereka tidak cukup terlelap dan puas.

Kira-kira apa saja ya yang terjadi pada tubuh jika tidak cukup tidur? Berikut di antaranya, dikutip dari detik.com.

1. Mudah lupa

Tidak tidur semalaman tidak hanya membuat kamu menjadi pribadi yang lebih pelupa, berdasarkan sebuah penelitian, tidak tidur semalaman berdampak pada pembelajaran dan memori dalam otak.

Peneliti menyimpulkan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang dipelajari oleh manusia di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang tepat untuk mengunci informasi baru dan memasukkannya ke memori.

2. Tidak bisa berpikir

Melewatkan satu malam untuk tidur bisa menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir). Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Experimental Brain Research, sekelompok 18 pria diberi tugas untuk dikerjakan hingga selesai.

Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Tugas berikutnya dikerjakan setelah tidak tidur semalaman. Fungsi otak, termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah, akan memburuk, bersama dengan fungsi untuk bereaksi dan waspada.

3. Libido menurun

Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah seks pada orang dewasa. Satu penelitian, pria muda yang tidak mendapatkan tidur berkualitas selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Tidur 5 jam atau kurang dari itu mampu mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen. Para pria yang dilibatkan dalam riset itu juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka, secara keseluruhan menurun drastis setiap malam berturut-turut.

4. Kulit tidak segar

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka.
Hasil studi menunjukkan, mereka yang kurang tidur akan memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak merata, dan kulit mengendur. Orang yang kurang tidur juga cenderung tidak puas dengan penampilan mereka, daripada rekan-rekan mereka yang cukup istirahat.

5. Berat badan naik

Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun. Orang yang tidur kurang dari 5 jam, setiap malam selama studi tiga tahun, lebih cenderung bertambah bobot badannya dan akhirnya menjadi gemuk. Sedangkan mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam, bernasib lebih baik dari mereka yang kurang tidur.




Fokus : Kurang Tidur


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks