Resep Sarapan Sehat dan Praktis

Oleh : Dirk Christ | Senin, 20 Januari 2020 | 08:30 WIB


(ist)

Wartakeseharan.com - Dilansir oleh Kompas.com, sarapan ampuh membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, sindrom metabolisme, dan tekanan darah tinggi. Melewatkan sarapan pun bisa berakibat pada rendahnya tingkat kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan zinc, vitamin A, E, B6, C, serta folat dalam tubuh.

Studi di Harvard University, Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa sarapan pagi teratur mampu mencegah kegemukkan. Seseorang yang sarapan akan cendrung 50 persen tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melewatkan sarapan.

Asal pandai menyiasati, menyiapkan santapan keluarga di tengah kesibukan pagi sebenarnya bukan hal sulit. Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

Pertama, siapkan bahan makanan di akhir pekan. Ibu dan ayah bisa mendiskusikan menu makanan apa saja yang diinginkan dan langsung berbelanja untuk kebutuhan sepanjang minggu.

Anda dapat memotong ayam atau sayur-sayuran lalu mengemasnya sebelum disimpan di kulkas. Namun hati-hati, tidak semua bahan makanan bisa ditaruh pada lemari pendingin.

Tomat, misalnya, akan lebih cepat busuk bila bersentuhan dengan suhu dingin. Sayuran juga akan lebih terjaga kesegarannya bila Anda letakkan di kulkas dalam wadah kedap udara.

Bahan yang sudah disipakan rapi akan memudahkan proses memasak Anda nantinya. Waktu yang dipakai untuk memasak pun tidak terlalu banyak.Selain itu, pilihlah menu sarapan ringkas untuk keluarga. Akan percuma bila Anda sudah menyiapkan bahan, tetapi menu yang dimasak malah membutuhkan waktu lama.

Salah satu sarapan mudah yang dapat Anda pilih, misalnya Bakmi Mewah. Bakmi ini dapat disajikan setelah direbus hanya selama tiga menit.

Karena tidak menggunakan penguat rasa, bakmi ini cocok dan aman untuk dikomsumsi keluarga sekaligus praktis untuk bekal sekolah anak. Rasanya yang tak kalah dengan bakmi dari restoran pun cocok dijadikan stok makanan di rumah Anda.

Bakmi pun sudah dilengkapi dengan daging ayam dan jamur asli sebagai campuran. Untuk melengkapi nutrisi, Anda bisa menambahkan sayuran yang telah disiapkan sebelumnya.

Meski sibuk, jangan sampai melupakan nilai nutrisi pada sarapan Anda dan keluarga. Tubuh tentu membutuhkan bekal aktivitas seharian.

Di pagi hari, utamakan asupan karbohidrat sebagai sumber energi dan protein serta lemak untuk rasa kenyang lebih lama. Konsumsi juga buah dan sayur agar kebutuhan vitamin terpenuhi dan kesehatan pencernaan tetap terjaga.




Fokus : Sarapan


#Sarapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks