Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Oleh : Kiven Timisela | Selasa, 10 Maret 2020 | 19:05 WIB



Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk pil maupun air dipercaya bisa jadi obat tifus.

Bentuk cacing tanah memang membuat geli jika dipegang. Tubuhnya yang licin dan kerap menggeliat di tanah cukup membuat merinding sebagian orang.

Namun dibalik bentuknya yang menggelikan tersebut, ada manfaat luar biasa. Selain dikenal sebagai penyubur tanah dan terkadang dijadikan sebagai umpan saat memancing, cacing tanah juga punya khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Untuk mendapat manfaat cacing tanah bagi kesehatan tubuh ini, Anda tak perlu memakannya langsung. Karena cacing tanah bisa diminum dalam bentuk ekstrak berupa air cacing ataupun sudah dalam bentuk pil. Tentunya lebih higienis ketika masuk ke dalam tubuh.

Manfaat cacing Tanah Untuk Kesehatan

Cacing tanah dikenal sebagai obat alami untuk mereka yang sedang terkena tifus. Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella typhi. Sehingga kandungan antibakteri pada cacing tanah dipercaya bisa jadi obat tifus.

Hanya saja, mengobati tifus dengan cacing tanah tidak bisa dijadikan acuan. Pasalnya dibutuhkan pengobatan lain dalam proses penyembuhannya. Karena itu, jika sakit berlanjut, sebaiknya segera datangi dokter ya.

Nyatanya, cacing tanah tidak hanya bermanfaat sebagai obat tifus, namun banyak juga khasiat lainnya. Berikut manfaat cacing tanah untuk kesehatan:

1.Membantu Penyambuhan Luka

Ketika kulit Anda terluka, maka tidak boleh kena infeksi. Jika terkena infeksi, luka pada kulit bisa meradang.

Ekstrak cacing tanah membantu proses penyembuhan pada luka kulit. Antibakteri pada cacing tanah sangat baik untuk luka pada kulit, sehingga terhindar dari infeksi.

Cacing tanah dalam bentuk ekstraknya mengandung asam arakidonat. Kandungan ini membantu pertumbuhan jaringan kulit, karena itu luka akan lebih cepat sembuh ketika Anda mengonsumsi ekstrak cacing tanah.

2.Mengatasi Kolestrol Jahat

Khasiat cacing tanah selanjutnya adalah membantu meluruhkan kolesterol jahat. Hal ini lantaran ekstrak cacing memiliki enzim yang bisa ‘menghajar’Kolestrol Jahat

Kolesterol yang menumpuk atau bahkan menyumbat pembuluh darah sangat berbahaya bagi tubuh. Jika tidak diatasi, bukan hanya bahaya, tapi kematian juga semakin dekat.

3.Menambah Energi

Salah satu penelitian mengungkap, cacing tanah memiliki 76% protein. Ini artinya kandungan protein pada cacing tanah lebih besar dibanding pada telur.

Protein pada cacing ini baik untuk menambah energi. Apalagi kalorinya cukup rendah, sehingga tidak akan menghasilkan lemak tubuh.

Selain protein, cacing juga mengandung vitamin dan mineral. Bahkan zat besi dan kalsium pada cacing memiliki konsentrasi sangat tinggi.

Begitupun kandungan asam aminonya. Ekstrak cacing tanah memiliki kandungan asam amino 78-79 gram dalam setiap liternya.

Kandungan nutrisi yang kaya tersebut, membuat Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari dengan konsumsi ekstrak cacing tanah.

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan ini membuat masyarakat kuno dari Tiongkok dan India mengonsumsi cacing tanah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika Anda mengonsumsi ekstrak cacing tanah, asam amino yang tinggi pada cacing tanah, juga kandungan antibakterinya membuat kekebalan tubuh meningkat.




#Kesehatan #Cacing Tanah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
12 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks