Makanan Luar Berpotensi Hipertensi

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 21 Januari 2020 | 11:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Bukan hal yang aneh lagi ketika kita mengetahui banyak anak muda yang suka weekend maupun jalan-jalan saat liburan, ke berbagai tempat. Bahkan, Ada juga yang sering berwisata kuliner untuk mencari makanan yang belum pernah dicoba.

Sebenarnya bukan berbahaya, namun kaum muda harus waspada karena studi terbaru yang tercantum dalam American Journal of Hypertension, anak muda yang senang makan di luar, gampang terserang hipertensidibanding mereka yang biasa makan masakan rumah.

Dikutip dari brilio.net, Studi yang melibatkan lebih dari 500 orang mahasiswa di Singapura ini, setiap mereka yang mencicipi makanan diluar rumah bisa meningkatkan lima persen tekanan darah yang berpotensi terserang hipertensi.

Hipertensi sendiri dapat berdampak ke memburuknya kesehatan jantung hingga kematian.

Penyebab utamanya tak lain dan tak bukan ialah, karena makanan yang di jual di luar cenderung kurang terkontrol dan kurang aman. Kalori, lemak dan garam yang dipercaya merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Dari penelitian ini juga didapati fakta bahwa sebesar 38 persen mahasiswa akan makan di luar sebanyak 12 kali dalam waktu satu minggu karena jauh dari rumah. Dan dari 38 persen itu, 28 persennya adalah responden laki-laki.

Walaupun begitu, para peneliti menekankan bahwa studi ini belum bisa dijadikan tolak ukur penyebab hipertensi secara luas, dan hanya dapat diterapkan pada masyarakat di Asia Tenggara.




Fokus : Hipertensi


#Makanan #Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 3 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 3 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
5 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..
Herbal - 6 jam yang lalu

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang menarik, dibanding minuman lain saat cuaca sedang panas. Dengan..
Seks - 7 jam yang lalu

Bercinta Saat Menstruasi,Inilah Fakta-Faktanya

Wartakesehatan.com-Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di..
Seks - 7 jam yang lalu

Risiko dan Bahaya Dibalik Seks Anal

Wartakesehatan.com-Seks anal kadang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seksual atau pun menghindari kehamilan. Bagi beberapa..

+Indeks