Makanan Luar Berpotensi Hipertensi

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 21 Januari 2020 | 11:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Bukan hal yang aneh lagi ketika kita mengetahui banyak anak muda yang suka weekend maupun jalan-jalan saat liburan, ke berbagai tempat. Bahkan, Ada juga yang sering berwisata kuliner untuk mencari makanan yang belum pernah dicoba.

Sebenarnya bukan berbahaya, namun kaum muda harus waspada karena studi terbaru yang tercantum dalam American Journal of Hypertension, anak muda yang senang makan di luar, gampang terserang hipertensidibanding mereka yang biasa makan masakan rumah.

Dikutip dari brilio.net, Studi yang melibatkan lebih dari 500 orang mahasiswa di Singapura ini, setiap mereka yang mencicipi makanan diluar rumah bisa meningkatkan lima persen tekanan darah yang berpotensi terserang hipertensi.

Hipertensi sendiri dapat berdampak ke memburuknya kesehatan jantung hingga kematian.

Penyebab utamanya tak lain dan tak bukan ialah, karena makanan yang di jual di luar cenderung kurang terkontrol dan kurang aman. Kalori, lemak dan garam yang dipercaya merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Dari penelitian ini juga didapati fakta bahwa sebesar 38 persen mahasiswa akan makan di luar sebanyak 12 kali dalam waktu satu minggu karena jauh dari rumah. Dan dari 38 persen itu, 28 persennya adalah responden laki-laki.

Walaupun begitu, para peneliti menekankan bahwa studi ini belum bisa dijadikan tolak ukur penyebab hipertensi secara luas, dan hanya dapat diterapkan pada masyarakat di Asia Tenggara.




Fokus : Hipertensi


#Makanan #Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks