Ini Dia TIps Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 21 Januari 2020 | 13:16 WIB



Wartakesehatan.com -  Indonesia sedang mengalami musim hujan yang dirasakan hampir setiap hari, bahkan pada beberapa wilayah tertentu seperti yang terjadi di Jabotabek pada malam tahun baru, menyebabkan terjadinya banjir.

Tak jarang ketika terjadi hujan dan banjir ada saja daerah yang rentan terserang berbagai penyakit-penyakit tertentu yang berisiko menyebabkan terjadinya keadaan endemik dan meningkatnya kejadian kematian yang disebabkan penyakit tersebut terlambat mendapatkan penanganan.

Sehingga siapapun harus mengetahui dan melaksanakan beberapa upaya menjaga kesehatan saat banjir.

Berikut ini ulasan tentang tips menjaga kesehatan saat banjir yang bisa dipraktikkan, dikutip dari AXA Indonesia;

1. Makan dan minum yang bersih dan sehat

Tips menjaga kesehatan saat banjir yang pertama adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup dan sehat.

Pastikanlah, air yang hendak diminum benar-benar layak untuk diminum dan harus merebus air minum sampai mendidih. Di saat banjir, lebih baik minum air kemasan yang dinilai lebih aman dibandingkan air tanah.

2. Perhatikan perlindungan dan kebersihan tubuh

Saat musim hujan, penting untuk memperhatikan perlindungan dan kebersihan tubuh. salah satu contohnya dengan memakai alas kaki, sepatu bot dan sarung tangan jika melintasi air banjir. Hal ini untuk  melindungi tubuh terlindungi dari berbagai kemungkinan seperti luka atau infeksi.

Kita juga perlu mencuci kaki dengan air bersih dan sabun segera setelah terkena air banjir. Tak boleh ketinggalan, biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, mengolah makanan dan setelah buang air kecil/besar.

3. Memperhatikan kebersihan lingkungan

Perhatikan kebersihan lingkungan untuk menghindari kontak dan pencemaran oleh binatang (tikus, serangga, dan lain-lain) yang sering muncul saat banjir.

Kita harus membuat rumah atau tempat penampungan memiliki ventilasi yang memadai. Dan di tempat pengungsian, sebaiknya pengungsi yang sakit dipisahkan dengan pengungsi yang sehat untuk mencegah saling menularkan penyakit. 

4. Mengonsumsi obat rutin dan segera cek ke dokter 

Bila kondisi kesehatan sedang menurun, segeralah periksakan diri di fasilitas layanan kesehatan terdekat bila ada keluhan sakit dan perlu mengonsumsi obat, maka sebaiknya minum obat tersebut secara rutin.

Bisa juga memeriksakan kondisi kesehatan di fasilitas layanan kesehatan terdekat bila obat yang biasa dikonsumsi hilang atau tertinggal di rumah untuk mendapatkan pengobatan dengan benar dan tepat.

5. Perhatikan pola tidur 

Tak jarang, jika udara dingin saat musim hujan mengundang rasa kantuk yang cukup sering. Sebisa mungkin, jangan pernah menghiraukan rasa kantuk yang dialami.

Sebaiknya ambil waktu istirahat dan tidur yang cukup, tapi hindari tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih, karena tubuh yang mendapatkan porsi tidur berlebihan bisa membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Sebisa mungkin, hindari begadang atau terjaga hingga larut malam, karena tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.(*)




#Kesehatan #Banjir #Hujan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 0 menit yang lalu

Faktor Penyebab Bayi Sungsang Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Penyebab bayi sungsang memang belum diketahui secara pasti. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang bisa..
Warta Sehat - 30 menit yang lalu

Macam-Macam Infeksi Mata Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Infeksi mata bisa ditandai dengan mata merah, terasa sakit, berair, belekan, dan sensitif terhadap cahaya...
Konsultasi - 1 jam yang lalu

Penyebab Gangguan Otot Yang Perlu Anda Ketahui

Wartakesehatan.com-Gangguan otot dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal itu karena otot merupakan bagian penting dari..
Herbal - 1 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 2 jam yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 4 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks