Posisi Tidur Ibu Hamil yang Tepat

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 21 Januari 2020 | 18:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Menghabiskan waktu tentu menguras energi, semuaaktifitas pasti membakar kalori dan menjadikan tubuh lemas. Maka, satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk memulihkantenaga adalah istirahat. Pada kehamilan trimester awal wanita hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi, yangterpenting adalah dapat memberikan rasa nyaman. Posisi tidur yang nyaman akan sulit didapat oleh wanita hamil yang usia kehamilannya pada trimester ketiga dimana uterus mulai membesar sehingga sulit dalam menentukan posisi tidur. 
 
Berikut beberapa posisi tidur ibu hamil:
 
1. Posisi Telentang
 
Dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu wanita hamiluntuk tidak tidur telentang, karena dengan tidur posisitelentang meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Selain itujuga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, menganggu pernafasan dan sirkulasi.Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Seperti turunnya tekanan darah yang menimbulkan sakit kepala.
Sedangkanwanita yang memiliki tekanan darah tinggi, posisi ini sama sekali tidak dianjurkan.
 
 
2. Posisi Miring Ke Kanan
 
Posisi ini juga aman bagi wanita hamil, sehinggadapat berganti posisi dari miring ke kiri atau kekanan,tergantung kenyamanannya. Jika posisi punggung bayikebetulan berada di sebelah kanan, pada saat tidur miring
kekiri maka janin akan "memberontak" terus-menerus. Halini karena posisi janin seolah-olah jatuh tertelungkup, untukmengatasinya dianjurkan untuk tidur miring kekanan. 
 
3. Posisi Miring Ke Kiri
 
Di kehamilan usia lanjut, saat perut telah begitubesar, ibu akan merasakan kondisi kurang nyaman, sepertikram, sering buang air kecil, kontraksi palsu, tendanganbayi, dan peningkatan asam lambung yang membuat ibukerap terbangun dan mengubah posisi tidur beberapa kali. 
Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi para pakar menganjurkan bahwa saat kehamilan 16 minggu, sebaiknya wanita hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri.
 
Posisi tidur ini dianjurkan selama kehamilan, karena posisi tidur miring kekiri dapat membantu mengoptimalkan aliran darah, oksigendan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya venacava inferior di bagian belakang sebelah kanan spina yangakan mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, dengan mengurangi tekanan pada vena kavaasenden.
 
Posisi ini juga membantu ginjalmembuang sisa produk dan cairan dari tubuh, sehinggamengurangi pembengkakkan di kaki, pergelangan kaki dantangan.
 
Posisi tidur miring ke kiri juga dapat mengurangi rasa nyeri pada perut yaitu dengancara badan ibu miring ke kiri, kaki kiri lurus, kaki kanansedikit menekuk dan diganjal dengan bantal pada perutbawah sebelah kiri.
 
Untuk membuat ibu nyaman letakkan bantal diantara dengkul dan satu di punggung atau memilih bantal tidur untuk ibu hamil.



Fokus : Ibu Hamil


#Ibu Hamil #Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 menit yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks