Cemilan Sehat di Pagi Hari

Oleh : Dirk Christ | Rabu, 22 Januari 2020 | 08:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ketika bangun dipagi hari sebaiknya anda harus menjaga pola makan anda terlebih untuk orang yang berat badannya gemuk (obesitas). Sebaiknya harus terbiasa makan cemilan yang menyehatkan ini. Berikut 6 cemilan sehat dipagi hari :

Plain/Sugar Free Yogurt

Jika Anda memilih makanan ini sebagai snack pagi. Rendahnya kandungan indeks glisemik dalam yoghurt bisa membuat Anda terhindar untuk makan dalam porsi banyak. 

Pisang

Ini pilihan ngemil yang ideal, karena buah ini kaya serat. Kandungan gula pada pisang tergolong rendah, begitu pula melon, pepaya, dan jambu. Apel dan pear biasanya jadi pilihan favorit dalam program penurunan berat badan. Tapi, tahukah Anda, pisanglah yang tetap jadi juaranya. Karena, pisang kaya potasium. Inilah zat yang membantu menjaga tingkat tekanan darah normal, membantu kesehatan otot, termasuk mencegah kram otot, dan sumber energi yang sangat baik. Pisang juga mudah dicerna oleh tubuh. 

Sup Sayuran

Semua sup dengan kaldu bening selalu menjadi pilihan yang baik dibandingkan sup yang berkrim. Tapi, perhatikan kandungan garamnya, jangan terlalu berlebihan. Satu mangkuk kecil (sekitar 250 cc) sup berisi wortel, kentang, kacang merah, dan bawang daun menyimpan 200 Kkal, dan merupakan sumber energi dan gizi yang sempurna. Emilia mengungkapkan, penelitian terakhir yang dilakukan di Inggris menunjukkan, sup berkuah kaldu bening bersama sayurannya efektif mempertahankan rasa kenyang. 

Biskuit Gandum

Kandungan serat pada kebanyakan biskuit gandum cukup tinggi, tapi kita sering malas memakannya karena tawar banget rasanya. Agar terasa enak,  tambahkan saja sedikit krim keju. Jika Anda punya riwayat hipertensi yang harus menghindari garam, Anda harus memilih keju tawar. Pada dasarnya, keju tidak akan membuat Anda gemuk, jika dikonsumsi tidak terlalu banyak. Satu biskuit gandum memberi asupan sekitar 20 Kkal per keping, sedangkan fat-free cream cheese memberikan asupan energi sekitar 30 Kkal per sendok. Jadi, sekali ngemil, Anda hanya bisa memakan 4 keping biskuit berkrim keju. 

Kacang

‘Ngidam’ yang renyah-renyah? Kacang adalah alternatif yang cukup baik. Kandungan lemak dan proteinnya lebih aman ketimbang keripik kentang. Tetapi, jangan pilih kacang yang diolah dengan minyak (goreng) dan tinggi kandungan garam. Jangan pula terlalu banyak memakannya. Porsi yang baik adalah satu genggam kecil tangan saja. Alternatif yang lebih baik lagi: camilan buah kering atau pop corn tawar tanpa mentega. 

Lamper

Kue basah berbungkus daun pisang berisi ketan dan daging ayam/sapi ini merajai camilan pagi orang Indonesia. ‘Saudara’ lemper, yaitu arem-arem (bedanya, berisi nasi dan terkadang plus oncom), juga amat disukai. Sebenarnya, sih, boleh-boleh saja mengudap penganan ini. Tapi, mau tidak mau, makan siang dan malam Anda harus dikurangi. Karena, ketan dan nasi sudah kaya akan karbohidrat dan berlemak tinggi karena menggunakan santan. 




Fokus : Cemilan


#Pagi #Cemilan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 10 menit yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 42 menit yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 1 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 2 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..

+Indeks