Wahana Visi Indonesia Ajak Korporasi Menjaga Kesehatan Sumber Daya Manusia Sebelum dan Saat Menghadapi Bencana

Oleh : Gunawan Abdillah | Kamis, 23 Januari 2020 | 14:25 WIB



Wartakesehatan.com - Sumber Daya Manusia yang sehat dan bergizi baik merupakan salah satu faktor penentu kekuatan sebuah lembaga atau korporasi. Menjaga kesehatan, termasuk menjaga asupan gizi seimbang yang masuk ke dalam tubuh merupakan upaya pencegahan yang lebih efektif dan murah ketimbang penanganan ketika penyakit muncul maupun ketika terjadi bencana. Pada saat terjadi bencana maka kesehatan dan gizi para penyintas menjadi rawan untuk mengalami gangguan terutama pada kelompok rentan seperti ibu hamil dan menyusui dan anak balita.

Risiko kematian lebih tinggi pada bayi dan anak yang mengalami kekurangan gizi. Penelitian di pengungsian menunjukkan bahwa kematian anak balita 2-3 kali lebih besar dibandingkan semua kelompok umur (Kemenkes, Pedoman Kegiatan Gizi dalam Penanggulangan Bencana, 2012).

Hal ini disebabkan terbatasnya akses untuk makanan atau pemberian makanan yang tidak tepat, air bersih dan layanan kesehatan. Oleh karena itu penanganan gizi dalam situasi bencana menjadi bagian penting untuk menangani pengungsi secara cepat dan tepat “Pencegahan adalah kunci , anak usia balita, adalah kelompok yang paling rentan terkena gangguan gizi, begitu asupan makanan berkurang, maka berat badannya bisa langsung turun dalam waktu singkat. Pada kondisi kekurangan gizi maka anak menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit yang akan semakin memperberat kondisi kurang gizinya. Jika sudah seperti itu, pemulihannya sulit dan membutuhkan waktu lebih lama,” kata Health Team Leader Wahana Visi Indonesia (WVI), dr Maria J Adrijanti.

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional pada 25 Januari, WVI mengadakan sebuah diskusi yang bernama ToWer (Together Empower) Talks dengan tema Sustainable Contribution On Health: How to Measure CSR Contribution in Emergency/non Emergency. Hadir sebagai panelis dr Maria Adrijanti dan Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum, seorang Community Nutritionist, filsuf, dan dokter kesehatan.

Bersama para perwakilan dari korporasi di Jakarta, acara ini membahas upaya-upaya yang bisa korporasi lakukan dalam menjaga asupan gizi karyawannya sehingga performa karyawan dalam bekerja tidak turun serta kemungkinan-kemungkinan bentuk kontribusi yang bisa diberikan oleh korporasi untuk masyarakat sekitar ketika merespon bencana agar tepat sasaran dan berkelanjutan. Dr. dr. Tan Shot Yen, M Hum mengatakan, perbaikan pola makan dan pemahaman gaya hidup yang baik sangat signifikan mempengaruhi produktivitas.

Claim ratio menurun begitu karyawan semakin paham dan menikmati makanan sehari-harinya demi kesehatan, bukan sekadar mengisi perut. Jadi, korporasi dengan sumber daya manusia yang sehat pasti bisa memberi dukungan ketika komunitas sekitar membutuhkan uluran tangan. “Sumber daya manusia yang sehat tentu akan membuat korporasi, atau lembaga apapun semakin kuat,” kata dr Tan Shot Yen.

WVI memiliki berbagai program kesehatan seperti gizi, sanitasi dan air bersih, pencegahan penyakit menular dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Program-program tersebut salah satunya berkontribusi terhadap pencegahan Stunting di Indonesia. Selain itu, WVI juga melakukan program-program untuk merespon bencana. Terakhir WVI melakukan respon terhadap bencana banjir Jakarta yang terjadi pada 1 Januari 2020 lalu. Setelah tanggap darurat, tim WVI fokus pada mitigasi bencana dengan mendampingi dan melatih warga untuk lebih tangguh menghadapi bencana




#Gizi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 16 menit yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 58 menit yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks