Masalah Kesehatan Akibat Bibir Pecah-Pecah

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 24 Januari 2020 | 08:00 WIB



Wartakesehatan.com - Banyak dari kita yang menganggap bahwa bibir pecah-pecah hanya akibat dari tubuh yang mengalami dehidrasi. Padahal, tidak demikian. Bibir pecah-pecah bisa menndakan sejumlah masalah kesehatan.

Kulit bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menandakan kamu mengalami dehidrasi, alergi, kekurangan vitamin, dan masalah kesehatan lainnya. Penasaran apa saja? Seperti yang dilansir dari Bustle.com, simak selengkapnya berikut ini.

1. Infeksi Jamur

Tahukah kamu bahwa bibir pecah-pecah juga bisa terjadi akibat infeksi jamur. Hal ini biasanya terjadi pada area sudut bibir. Hal ini terjadi saat kamu menjilat bibir, dan suhu hangat tersebut membuat jamur saliva tumbuh di sudut mulut. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi banyak air dan hindari menjilat bibir. Selain itu kamu juga bisa memulaskan lipbalm untuk menghentikan menumpuknya saliva pada bibir. 

2. Reaksi alergi

Jika bibir terlihat seperti habis melakukan filler. Tampak merah, dan tebal, disertai pecah-pecah, bisa jadi hal ini akibat reaksi alergi. Produk lip plumping biasanya mengandung kandungan yang dapat timbulkan alergi. Selain itu, efek makanan juga bisa memicu alergi pada tubuh.

3. Dehidrasi

Bibir kering juga menandakan kamu mengalami dehidrasi. Usahakan setidaknya minum 8 gelas air setiap hari dan jangan lupa untuk maksimalkan kelembapan dengan menggunakan jojoba oil atau shea butter.

4. Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat bbir jadi kaku dan kering hingga akhirnya kamu akan mengalami bibir pecah-pecah. Selain itu, hal ini juga menandakan terjadinya inflmasi pada tubuh, Sebagai proteksi, upayakan untuk lindungi bibir dengan menggunakan produk yang mengandung SPF.

5. Kekurangan Vitamin

Vitamin B memiliki peran penting untuk memaksimalkan fungsi tubuh. Hal ini juga membantu tubuh agar mendapat energi lebih maksimal serta meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Di saat kamu kekurangan vitamin B, maka sejumlah masalah kulit bisa terjadi, salah satunya kulit kering dan pecah-pecah.




#Bibir #Pecah-pecah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 31 menit yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..

+Indeks