Masalah Kesehatan Akibat Bibir Pecah-Pecah

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 24 Januari 2020 | 08:00 WIB



Wartakesehatan.com - Banyak dari kita yang menganggap bahwa bibir pecah-pecah hanya akibat dari tubuh yang mengalami dehidrasi. Padahal, tidak demikian. Bibir pecah-pecah bisa menndakan sejumlah masalah kesehatan.

Kulit bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menandakan kamu mengalami dehidrasi, alergi, kekurangan vitamin, dan masalah kesehatan lainnya. Penasaran apa saja? Seperti yang dilansir dari Bustle.com, simak selengkapnya berikut ini.

1. Infeksi Jamur

Tahukah kamu bahwa bibir pecah-pecah juga bisa terjadi akibat infeksi jamur. Hal ini biasanya terjadi pada area sudut bibir. Hal ini terjadi saat kamu menjilat bibir, dan suhu hangat tersebut membuat jamur saliva tumbuh di sudut mulut. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi banyak air dan hindari menjilat bibir. Selain itu kamu juga bisa memulaskan lipbalm untuk menghentikan menumpuknya saliva pada bibir. 

2. Reaksi alergi

Jika bibir terlihat seperti habis melakukan filler. Tampak merah, dan tebal, disertai pecah-pecah, bisa jadi hal ini akibat reaksi alergi. Produk lip plumping biasanya mengandung kandungan yang dapat timbulkan alergi. Selain itu, efek makanan juga bisa memicu alergi pada tubuh.

3. Dehidrasi

Bibir kering juga menandakan kamu mengalami dehidrasi. Usahakan setidaknya minum 8 gelas air setiap hari dan jangan lupa untuk maksimalkan kelembapan dengan menggunakan jojoba oil atau shea butter.

4. Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat bbir jadi kaku dan kering hingga akhirnya kamu akan mengalami bibir pecah-pecah. Selain itu, hal ini juga menandakan terjadinya inflmasi pada tubuh, Sebagai proteksi, upayakan untuk lindungi bibir dengan menggunakan produk yang mengandung SPF.

5. Kekurangan Vitamin

Vitamin B memiliki peran penting untuk memaksimalkan fungsi tubuh. Hal ini juga membantu tubuh agar mendapat energi lebih maksimal serta meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Di saat kamu kekurangan vitamin B, maka sejumlah masalah kulit bisa terjadi, salah satunya kulit kering dan pecah-pecah.




#Pecah-pecah #Bibir
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
3 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks