Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Oleh : Dirk/metro | Jumat, 24 Januari 2020 | 18:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang disantap harus dibuat berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan kebutuhan fisiologis pasien. 

Pengidap diabetes tidak dapat menghasilkan cukup insulin sehingga kesulitan dalam mengendalikan gula darah yang pada akhirnya membuat metabolisme terganggu dan gula darah naik dengan pesat.

Namun, dengan mengatur pola makan yang tepat, pasien diabetes dapat hidup sehat. Dan berikut cara agar gaya makan Anda tepat dan tidak membahayakan kesehatan.

1. Konsumsi karbohidrat
Anda harus menyandap makanan berkarbohidrat kompleks seperti biji-bijian, gandum dan beras merah untuk membantu menstabilkan gula dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

2. Makan protein tanpa lemak
Protein harus disediakan dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan komposisi tubuh tetap normal. Makanan berprotein tanpa lemak di antaranya susu olahan, putih telur, ayam dan ikan.

3. Asupan serat mencukupi
Asupan serat yang memadai dari kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu turunkan gula darah dan menjaga kadar kolesterol.

4. Barengi dengan olahraga
Olahraga ketahanan atau aerobik sangat ideal untuk pengidap diabetes. Latihan setidaknya 3-5 jam seminggu untuk meningkatkan sensitifitas insulin. 

5. Hindari gula, garam dan makanan berlemak
Sebaiknya perbanyak rempah-rempah dan bumbu untuk penyedap rasa ketimbang banyak garam. Garam sebenarnya bisa diganti dengan lada hitam, cabai, kemangi, seledri, peterseli dan bumbu seperti cuka dan mustard. Dan makanan yang digoreng apapun itu harus dihindari oleh pasien diabetes sebab dapat meningkatkan gula darah.

6. Makan tepat waktu
Makan yang ideal untuk pengidap diabetes yaitu setiap 3 sampai 4 jam sekali.

7. Hindari saus
Pasien diabetes tidak dianjurkan untuk memakai saus berat termasuk mayones karena kandungan di dalamnya berisiko untuk Anda.




Fokus : Diabetes


#Diabetes #Pola makan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 3 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 3 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
5 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..
Herbal - 6 jam yang lalu

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang menarik, dibanding minuman lain saat cuaca sedang panas. Dengan..
Seks - 7 jam yang lalu

Bercinta Saat Menstruasi,Inilah Fakta-Faktanya

Wartakesehatan.com-Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di..
Seks - 7 jam yang lalu

Risiko dan Bahaya Dibalik Seks Anal

Wartakesehatan.com-Seks anal kadang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seksual atau pun menghindari kehamilan. Bagi beberapa..

+Indeks