Benarkah Ngemil Di Malam Hari Bikin Gemuk ?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 24 Januari 2020 | 20:01 WIB



Wartakesehatan.com - Banyak mitos yang sering di anggap benar. Misalnya kalau ngemil di waktu malam dapat membuat gendut. Atau menonton TV terlalu dekat akan menjadikan mata minus.

Secara logis bisa jadi masuk akal, tapi ternyata secara tidak dapat dibuktikan secara medis, atau tidak ada penelitian yang valid tentang itu. Berikut adalah beberapa mitos kesehatan yang terlanjur dipercaya masyarakat

1. Ngemil di malam hari bikin gemuk

Banyak yang percaya kalau ngemil di malam hari bisa bikin badan lebar. Karena mereka menganggap bahwa tubuh sudah tidak produktif sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Padahal, saat kita tidur, tubuh tetap bekerja dan tetap aktif mencerna makanan. Sistem dalam tubuh tetap bekerja dan tetap membutuhkan makanan untuk diolah. Walaupun memang jumlah makanan yang dibutuhkan tidak sebanyak jika kita beraktivitas pada siang hari.

Tak mengherankan bila di pagi hari orang suka merasa lapar. Fakta sesungguhnya yang membuat badan gemuk adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Ini yang membuat lemak dalam tubuh tidak diolah secara maksimal.

2. Mata rusak karena melihat TV terlalu dekat


Sejak kecil kita selalu diingatkan orang tua untuk tidak melihat TV dari jarak yang terlalu dekat. Alasannya adalah karena cahaya dari televisi yang begitu terang bila dilihat dari jarak yang dekat dapat merusak mata.

Kemudian ditambahkan mitos yang beredar, melihat TV dari jarak dekat dapat membuat mata minus. Padahal ini tidak sepenuhnya benar. Menurut pakar kesehatan, melihat TV dari jarak dekat tidak membuat mata jadi minus. Memang tidak dianjurkan untuk melihat TV dari jarak dekat secara terus menerus karena mata bisa jadi tegang dan lelah.

Tidak ada penelitian valid yang mengatakan mata jadi minus bila melihat TV terlalu dekat. Bila kamu melihat TV dari jarak dekat, bisa disiasati dengan sering mengedipkan mata. Karena mengedipkan mata dapat memperbaharui lapisan cairan di mata, gunanya agar mata tidak kering dan pedih.

3. Makan es saat sakit

Biasanya seseorang tidak akan makan es krim bila sakit flu, batuk, demam, atau sakit tenggorokan. Makan es krim dianggap akan membuat sakit semakin parah dan malah tidak kunjung sembuh.

Padahal, makan es krim tidak ada hubungannya dengan sakit yang diderita. Menurut pendapat medis, sakit seperti demam, batuk, dan flu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, sehingga tidak ada hubungannya dengan makanan. Dengan demikian yang harus diperhatikan adalah kebersihan makanan dan minuman bukan hanya sebatas es krim.

Hal ini sama juga dengan minum es saat sakit, karena minuman atau makanan dingin tidak akan memperparah infeksi dalam tubuh.

4. Mandi malam bikin rematik

Mitos ini kerap sekali masuk ke dalam telinga ketika seseorang hendak mandi di malam hari setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Mandi malam hari tidak menyebabkan rematik sama sekali. Berdasarkan fakta medis, mandi malam hari justru bagus karena dapat membersihkan badan dari berbagai bakteri dan kotoran yang menempel di tubuh setelah beraktifitas di luar rumah seharian. Rematik sesungguhnya disebabkan tingginya kadar asam urat. Sementara air mandi tidak mengandung atau menyebabkan asam urat.

5. Membunyikan jari sebabkan radang sendi 

Sering kali kita membunyikan jari-jari kita bila pegal mengetik terus menerus, atau mengerjakan sesuatu yang melelahkan. Banyak pendapat mengatakan bahwa membunyikan jari bisa membuat sendi atau tulang jadi lemah. Peneliti bernama Dr. Donald Unger membuktikan bahwa tidak ada pengaruh terhadap jari yang dikretekan. Namun menurutnya bila dilakukan terlalu sering dan dalam jangka panjang dapat membuat kekuatan genggaman jari menjadi berkurang.




#Mitos
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 3 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 3 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
5 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..
Herbal - 6 jam yang lalu

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang menarik, dibanding minuman lain saat cuaca sedang panas. Dengan..
Seks - 7 jam yang lalu

Bercinta Saat Menstruasi,Inilah Fakta-Faktanya

Wartakesehatan.com-Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di..
Seks - 7 jam yang lalu

Risiko dan Bahaya Dibalik Seks Anal

Wartakesehatan.com-Seks anal kadang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seksual atau pun menghindari kehamilan. Bagi beberapa..

+Indeks