Waspada, 5 Kondisi Mata bisa Deteksi Gejala Penyakit

Oleh : Dirk/lptn6 | Jumat, 24 Januari 2020 | 21:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Beberapa orang masih menganggap sepele tentang kesehatan mata. Tak jarang ada orang yang tidak peduli dengan beberapa perubahah bentuk maupun warna mata. Contohnya sering mengalami mata merah yang hanya di tangani menggunakan obat tetes mata.

Padahal tahukah anda? beberapa penyakit serius dapat kita prediksi hanya dengan melihat kondisi mata. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa gejala penyakit yang dapat dideteksi melalui kesehatan mata:

1. Mata merah bisa pertanda tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul yang menyebabkan mata merah. Seperempat orang dewasa dengan tekanan darah tinggi tidak tahu bahwa mereka memiliki kondisi yang dapat menyebabkan stroke.

2. Kuning di belakang mata pertanda diabetes

Air mata kecil di retina merupakan tanda-tanda diabetes tipe dua.

3. Cincin di bagian iris pertanda kolesterol tinggi

Cincin putih di sekitar iris, bagian berwarna dari mata, adalah tanda kadar kolesterol di dalam tubuh kita tinggi.

4. Kelopak mata terlihat pucat tanda anemia

Jika bagian dalam kelopak mata bawah Anda terlihat pucat, mungkin Anda anemia. Kurang zat besi yang membantu membuat sel-sel darah merah. Anemia dapat diobati dengan suplemen zat besi, tetapi dapat menjadi tanda pendarahan internal, sehingga lebih baik segera ke dokter.

5. Mata menonjol masalah tiroid

Mata yang tampak menonjol mungkin bukti tiroid terlalu aktif. Tingkat abnormal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata jadi bengkak, sehingga tampak mata muncul keluar.

6. Mata kuning pertanda penyakit hati

Kondisi hati termasuk hepatiti dan sirosis yang dapat mengubah bagian putih Anda berwarna kuning. Warna ini disebabkan oleh bilirubin, zat kimia yang terjadi akibat pecahnya hemoglobin yang membawa oksigen molekul dalam sel darah merah.




Fokus : Mata


#Mata #Penyakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 3 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 4 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
6 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..
Herbal - 7 jam yang lalu

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang menarik, dibanding minuman lain saat cuaca sedang panas. Dengan..
Seks - 7 jam yang lalu

Bercinta Saat Menstruasi,Inilah Fakta-Faktanya

Wartakesehatan.com-Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di..
Seks - 8 jam yang lalu

Risiko dan Bahaya Dibalik Seks Anal

Wartakesehatan.com-Seks anal kadang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seksual atau pun menghindari kehamilan. Bagi beberapa..

+Indeks