Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 12 Maret 2020 | 22:05 WIB



Perawatan bekas luka gores yang baik dan benar

Luka terkadang akan hilang dengan sendirinya atau mungkin juga bisa membekas dan bahkan sulit dihilangkan. Butuh perawatan luka yang khusus dan teliti sesuai kondisi masing-masing jika Anda tidak ingin memiliki bekas luka permanen.

Setiap kali Anda terluka,entah karena secara tidak sengaja atau operasi, tubuh secara otomatis bekerja dalam memulihkan luka. Ketika luka sudah mengering, seringkali terdapat bekas luka yang terbentuk. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut adalah bagian perawatan luka oleh tubuh dan proses alami pemulihan.

Bekas luka akan hilang tergantung seberapa baik proses pemulihan. Jika bekas luka akibat operasi atau yang terdapat di sikut atau lutut sulit untuk dihindari, bekas luka akibat goresan dapat cepat hilang apabila Anda melakukan perawatan luka yang baik.

1. Selalu jaga kebersihan luka

Cuci luka dengan campuran sabun dan air secara perlahan untuk mencegah menempelnya kuman dan menghilangkan debu atau kotoran. Dengan begini, proses pemulihan akan lebih cepat karena tidak terganggu oleh infeksi atau penghambat lainnya.

2. Gunakan gel penghilang bekas luka

Anda dapat mencoba produk gel penghilang bekas luka mengandung silikon yang banyak dijual di apotik. Perawatan dengan gel penghilang bekas luka cukup mudah dilakukan, tidak mengiritasi kulit sensitif dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Silikon gel menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu kulit bernapas, sehingga bekas luka dapat lebih lembut. Penelitian menunjukkan bahwa gel penghilang bekasi luka mengurangi tekstur, warna, dan benjolan bekas luka.

3. Memijat bekas luka

Saat sudah mengering dan pulih, Anda dapat memijat secara lembut agar kelak luka tidak berbekas. Memijat lembut bagian bekas luka gores bermanfaat untuk memecah kolagen yang menumpuk di jaringan di bawah luka tersebut.

4. Hindari sinar matahari

Merawat luka dengan menghindarkan luka dari paparan sinar matahari secara langsung berguna agar tidak terjadi perbedaan warna antara bekas luka dan kulit asli Anda. Bekas luka gores akan semakin terlihat jika memiliki warna yang berbeda dari kulit sekitarnya.

5. Biarkan luka pulih secara alami

Siapa yang di antara Anda gemar mencabut bagian bekas luka yang sudah mengering (keropeng)? Menurut seorang dermatologis dari New York, keropeng merupakan bagian alami dari pemulihan luka. Mencabuti bagian ini secara berulang ketika luka sedang dalam proses penyembuhan dapat memperlambat pemulihan dan meningkatkan terjadinya bekas luka.

6. Bersabar

Pemulihan membutuhkan waktu dan bahkan terkadang membutuhkan waktu yang lama. Perawatan bekas luka gores dapat dilakukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Namun, Anda perlu menyerahkan kembali semuanya pada tubuh agar bekas luka bisa benar-benar hilang.

Jika Anda hanya mengalami luka gores atau tidak dalam, bekas luka dapat dihindari dengan perawatan luka di rumah dengan cara yang benar. Sebaliknya, jika luka dalam, menimbulkan rasa sakit hebat atau jika kulit terinfeksi, segera cari bantuan medis dari dokter atau ahlinya.




#Kesehatan #Luka
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks