Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok

Oleh : Kiven Timisela | Rabu, 04 Maret 2020 | 22:45 WIB



Wartakesehatan.com -Membersihkan paru-paru perlu menjadi agenda wajibkan Anda harus kebiasaan merokok. Jika Anda seorang perokok aktif atau mantan perokok, sebaiknya lakukan cara berikut untuk membersihkan paru-paru:

1.Rutin Berolahraga

Nikotin dan racun dari asap rokok perlu dikeluarkan agar tidak terus mengendap. Ketika metabolisme tubuh meningkat dengan berolahraga, tubuh akan lebih cepat membakar nikotin yang akan dikeluarkan lewat keringat.

Berolahraga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat seluruh sistem kardiovaskular. Sebaliknya, ketika Anda jarang bergerak, tubuh justru akan lemah dan memicu banyak penyakit.

Bagi orang yang baru berhenti merokok, olahraga membantu proses penyembuhan paru-paru.  Olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi tubuh. Artinya jika dilakukan dengan rutin organ seperti jantung dan paru-paru akan mendapat cukup oksigen sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga juga menjadi cara efektif untuk membersihkan paru-paru perokok. Jika Anda berada dalam kondisi tubuh yang masih sehat, lakukan olahraga sekuat dan semampu yang Anda bisa.

Namun, jika Anda mengidap masalah pernapasan kronis akibat rokok,konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Biasanya dokter tetap membolehkan Anda untuk berolahraga hanya saja jenis dan intensitasnya perlu diatur terlebih dahulu.

2.Minum Yang Banyak Air

Minum Banyak Air bisa membantu membuang racun-racun tubuh yang mengendap termasuk yang ada di dalam paru-paru. Pasalnya, saat minum banyak air Anda akan lebih teratur buang air kecil.

Nantinya, nikotin yang menumpuk pada paru-paru sedikit demi sedikit akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Dengan tetap terhidrasi, paru-paru akan membantu menipiskan lendir yang menyumbat dan menjebak racun. Lendir dan racun tersebut kemudian akan dikeluarkan oleh paru-paru melalui gerakan silia normal atau dengan cara batuk.

Selain itu, minum banyak air juga membantu menjaga kesehatan dan fungsi organ agar dapat bekerja dengan maksimal.

Dibandingkan dengan jenis minuman lainnya, air putih masih menjadi sumber minuman terbaik untuk tubuh. Untuk itu, minumlah air putih kurang lebih 8 gelas per harinya sebagai cara mudah untuk membersihkan paru-paru perokok.

3.Makan Makanan Anrioksidan

Makanan dan minuman yang kaya antioksidan bagus untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan.orang yang minum teh hijau 2 cangkir per hari mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis.

Simpulan ini didapat dari penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea. Bahkan, antioksidan di dalam teh hijau membantu melindungi jaringan paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap.

Antioksidan diduga kuat mampu membantu melawan produksi lendir, cairan, dan dahak di dalam tubuh. Pasalnya pada perokok, lendir ini cenderung menumpuk di paru-paru dan saluran udara.

Buah dan sayuran mentah biasanya menjadi sumber antioksidan yang baik karena masih belum mengalami proses pengolahan apa pun.

Sayuran cruciferous seperti brokoli, bok choy, dan kol termasuk sayuran yang kaya akan antioksidan. Sayur-sayuran ini diyakini dapat menurunkan risiko kanker paru-paru baik pada perokok maupun mantan perokok.

Selain itu, madu, stroberi, ceri, jahe, kunyit, kacang kenari, dan kacang polong juga sebaiknya dimasukkan dalam menu harian Anda. Rajin makan makanan yang kaya antioksidan dapat menjadi cara alami yang patut dicoba untuk membersihkan paru-paru perokok.

4.Latihan Pernapasan Dalam

 

Asap rokok memperlambat pergerakan silia atau rambut-rambut kecil yang melapisi paru untuk mengeluarkan kotoran yang terperangkap di saluran udara. Untuk kembali bekerja efektif, sering-seringlah menghirup udara segar dan tentu saja berhenti merokok.

Saa menghirup udara segar, berhasil menarik napas dalam-dalam. Saat Anda teratur melakukan latihan pernapasan, jumlah oksigen yang masuk ke paru-paru akan terus bertambah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dada  mengumumkan pernapasan dalam membantu membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru dan meningkatkan pemulihan setelah operasi jantung. Selain itu, mengambil napas yang panjang, cepat, dan juga membantu darah yang kaya oksigen untuk menyebar ke seluruh tubuh.

Saat latihan pernafasan dalam, perlindungan Anda berada di tempat sirkulasi yang bagus dan sehat. Hindari menghirup napas dalam-dalam di pinggir jalan, terminal, atau sumber pendangkalan lainnya




#Kesehatan #Rokok #Paru-paru
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
12 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks