Mengonsumsi Kismis Sangat Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 20 Maret 2020 | 12:05 WIB



Wartakesehatan.com -Tidak sedikit dokter yang meminta para ibu hamil untuk mendapatkan buah dan sayuran lebih banyak saat hamil. Kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap membantu ibu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan si kecil dalam perut. Salah satunya adalah kismis.

Kismis biasa ditemukan sebagai tambahan makanan dan topping pada salad, kue kering, roti, yogurt, dan makanan lainnya. Ia terbuat dari buah anggur yang dikeringkan dengan ukuran yang lebih kecil dari pada buah anggur segar yang biasa dikonsumsi.

Hal yang aman bagi para ibu hamil untuk mengonsumsi kismis. Kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya menjadikan kismis layak untuk dijadikan camilan saat sedang mengandung. Di dalamnya terdapat kandungan serat yang baik untuk pencernaan. 

Satu setengah cangkir kismis akan memberi Anda 3,3 gram atau kira-kira 10 hingga 24 persen dari kebutuhan harian, tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda. Serat membantu pencernaan untuk melunakkan dan menambah berat dan ukuran tinja. Kotoran yang besar lebih mudah dikeluarkan dan dapat membantu mencegah sembelit. Tidak hanya itu, kandungan zat besi pada kismis juga cukup tinggi untuk membantu ibu mempersiapkan kelahiran bayi. Zat besi penting untuk membuat sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Diperlukan makan cukup zat besi untuk mencegah anemia dan kekurangan zat besi.

Selebihnya, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kismis untuk para ibu hamil. Berikut adalah di antaranya seperti dilansir Style Creze:

1. Kesehatan gigi

Ibu hamil harus menjaga tubuh mereka dengan cara terbaik, sebab banyak wanita hamil juga menderita gusi berdarah. Merawat mulut sangat penting dan juga memainkan peran penting dalam menjaga mual. Kismis mengandung asam oleanolic, yang melindungi gigi dari rongga dan kerusakan. Ini juga mencegah bau mulut yang menyebabkan bakteri dan masalah mulut lainnya.

2. Konstipasi

Kandungan serat yang tinggi pada kismis efektif dalam mengobati yaitu sembelit. Sembelit menjadi masalah paling umum yang dihadapi selama awal kehamilan. Buah kering ini menyerap air dan menciptakan kecenderungan pencahar yang membuat buang air besar mudah.

3. Menghasilkan sel darah

Selama kehamilan, wanita cenderung menjadi anemia karena mereka menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan janin. Kismis mengandung Vitamin B kompleks, zat besi dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Ini membantu mencegah anemia dan mencegah kelemahan serta masalah lain selama kehamilan hingga melahirkan.

4. Mencegah kanker

Tubuh mengalami begitu banyak perubahan selama kehamilan dan membuatnya rentan terhadap masalah serius seperti kanker. Antioksidan yang ditemukan dalam kismis melawan radikal bebas pada tubuh yang merupakan penyebab utama penumpukan tumor hingga kanker.

5. Memudahkan pencernaan

Kandungan fibrosa dari kismis membantu membersihkan saluran pencernaan dan membuang bahan limbah dan zat beracun dari tubuh. Proses ini akan meningkatkan kebutuhan akan makanan dalam tubuh wanita hamil untuk pertumbuhan anak dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Dengan rahim yang tumbuh mengambil ruang, organ-organ lain menemukan sedikit ruang dan pencernaan menjadi masalah. Kandungan magnesium dan kalium kismis juga mengurangi keasaman dan memudahkan pencernaan makanan.

6. Kalori tinggi

Kismis mengandung fruktosa dan glukosa yang menyerap vitamin esensial dari makanan yang kita makan. Lebih lanjut, ia memiliki kandungan energi dan kalori yang cukup bagi tubuh. Karena tubuh mengalami begitu banyak perubahan selama kehamilan, maka diperlukan energi untuk mengatasi kebutuhan ibu dan anak.

7. Penglihatan bayi

Janin sepenuhnya bergantung pada ibu untuk semua kebutuhannya, termasuk pertumbuhan organnya. Mengkonsumsi kismis selama kehamilan membantu pertumbuhan janin memiliki penglihatan yang baik. Mengonsumsi kismis selama kehamilan dapat dilakukan ibu memiliki bayi dengan kondisi cacat Sebagian besar mata.

8. Tulang yang kuat pada bayi

Kismis mengandung banyak kalsium dan zat besi. Makan kismis, hamil, membantu membuat tulang anak kuat.




#Kesehatan #Kismis
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Puan Maharani: DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah

Wartakesehatan.com, Jakartap, Menghadapi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong  membentuk SATGAS LAWAN..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Puan Maharani: DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah

Wartakesehatan.com, Jakartap, Menghadapi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong  membentuk SATGAS LAWAN..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pasien Covid 19 di Indonesia Tembus 2.956

Wartakesehatan.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan update kasus terkait virus corona. Kini jumlah pasien..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gubernur Bali Libatkan Desa Adat dalam Tanggulangi Pandemi Covid-19 (virus Corona)

Wartakesehatan.com - Pelibatan Desa Adat ini dituangkan dalam Keputusan Bersama Gubernur Bali dan Majelis Desa Adat (MDA)..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

DPR-RI Meminta Prosedur Pemakaman Jenazah Pasien Positif Covid-19 Disosialisasikan Secara Masif Kepada Masyarakat.

Wartakesehatan.com, Jakarta- Terkait adanya penolakan pemakaman jenazah pasien positif virus Covid-19 di beberapa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Telanjang Memacu Metabolisme Tubuh

Wartakesehatan - Kebiasaan tidur telanjang hanya di lakukan sebagian kecil masyarakat saja, berdasarkan data National..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Hadapi Pandemi Corona, Politis DPR-RI Produksi Jamu Tradisional

Wartakesehatan.com, Jakarta - Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk melawan penyebaran virus corona atau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kayu Manis Memiliki Manfaat Sangat Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang memanfaatkan kayu manis sebagai bumbu maupun sebagai obat tradisional berbagai macam..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Stroberry Melindungi Kehilangan Penglihatan Di Usia Tua

Wartakesehatan.com - Stroberi juga mengandung rangkaian phytonutrient, kandungan kimia protektif yang memiliki banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rutin Bercinta Menyegarkan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Sebuah situs nurofen.co.uk telah menemukan bahwa pria telah berpikiran bahwa wanita yang sering..

+Indeks