5 Sayuran yang dapat Menghambat Penuaan

Oleh : Dirk/viva | Jumat, 31 Januari 2020 | 18:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sayur – sayuran adalah termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.

Namun, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Konsumsi sayuran setiap hari membuat tubuh lebih terjaga, sel kulit lebih halus, wajah terlihat lebih kencang dan membuat lebih awet muda.

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang dapat menghambat penuaan.

Kentang

Kentang kaya akan kandungan vitamin B khususnya vitamin B6. Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia menjelaskan bahwa pada 1 buah kentang ukuran sedang terdapat 0,3 mg vitamin B6 yang dapat mencukupi kebutuhan anda sebanyak 20-30% dalam sehari. Manfaat vitamin B6 dalam kentang adalah sebagai zat yang diperlukan dalam pembaharuan sel dalam tubuh. Dengan ini, kentang dapat digunakan sebagai sayuran yang dapat menghambat penuaan seperti menghilangkan lingkar hitam pada mata dan menyegarkan kulit wajah.

Kubis

Konsumsi kubis setiap hari dapat mencegah penuaan karena kandungan antioksidan didalamnya dapat menjaga kelembapan kulit. Sayuran ini juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan memproduksi sel-sel baru karena kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, kalium dan lainnya.

Bayam

Sayuran ini kaya akan zat besi dan antioksidan, diantaranya adalah lutein yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Selain itu, Bayam mengandung pro Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K. Jelas bahwa jika konsumsi zat besi yang cukup akan menghindari anda untuk anemia karena kekurangan darah. Hal ini sangat berkaitan dengan penampilan anda jika anda kekurangan darah maka akan terlihat lemas dan peredaran darah tidak optimal. Saat peredaran darah tidak optimal maka akan menyebabkan sulitnya penyerapan bahan makanan seperti vitamin dan mineral. Zat ini sangat berarti bagi kulit anda sehingga jika proses penyerapannya terhambat maka akan menyebabkan penuaan.

Wortel

Banyak rumor beredar bahwa wortel adalah sumber vitamin A yang berkhasiat baik untuk mata. Namun tidak sebatas itu saja, sayuran berwarna jingga ini juga dapat memperhalus kulit. Disamping itu, wortel juga mengandung karoten yang membuat kulit kita bersemu merah. Dengan konsumsi wortel yang seimbang dan sesuai takaran setiap hari (50 – 75 gr/hari), maka anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kulit khususnya tidak tampak pucat.Beberapa ahli nutrisi memiliki pendapat tentang wortel. Zat gizi yang terdapat didalam jenis sayur ini terkumpul di bawah jaringan dan dapat member perlindungan terhadap radiasi matahari. Jika mengonsumsi secara teratur, wortel sangat berkhasiat dalam memenuhi kebutuhan kulit seperti penuaan.

Mentimun

Sayuran ini sering ditemukan di warung makanan lesehan di berbagai tempat di Indonesia, contohnya sebagai lalapan pendamping pecel lele. Banyak orang kurang mengerti akan nutrisi yang ada pada sayuran ini. Padahal, mentimun mengandung kalium yang dapat mengatur keseimbangan cairan berdasarkan kebutuhan sel dalam tubuh anda sehingga mentimun dapat menjaga kelembapan dalam jaringan kulit. Menurut WHO tahun 2013, asupan kalium yang dianjurkan setiap hari adalah 4000 mg/hari, jadi dengan mengonsumsi satu potong sedang mentimun dapat memenuhi 10-20% kebutuhan kalium tubuh anda setiap hari.




Fokus : Sayuran


#Sayuran #Penuaan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
4 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks