Bahaya Dehidrasi Pada Saat Kehamilan

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 12 Maret 2020 | 23:35 WIB



Wartakesehatan.com-Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi. Ini karena meningkatnya kebutuhan cairan selama hamil, serta adanya keluhan mual yang membuat ibu hamil sering muntah dan tidak nafsu makan, sehingga asupan cairan berkurang. Padahal, dehidrasi selama kehamilan bisa berbahaya, lho!

Idealnya, cairan yang masuk dan keluar dari tubuh harus selalu seimbang, terutama saat sedang hamil. Keluarnya cairan secara berlebihan yang tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup dapat membuat Bumil kekurangan cairan, bahkan mengalami dehidrasi.

Apa Saja Bahaya Dehidrasi Selama Kehamilan?

Dehidrasi selama kehamilan dapat membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut adalah beberapa bahaya yang bisa terjadi:

1. Air ketuban terlalu sedikit

Air ketuban adalah cairan pelindung yang diperlukan janin selama dalam kandungan. Selain itu, cairan ini akan memberi janin ruang gerak selama dalam kandungan. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan volume air ketuban sedikit. Salah satunya adalah dehidrasi selama kehamilan.

Volume air ketuban yang terlalu sedikit, terutama pada awal kehamilan, dapat menyebabkan terganggunya perkembangan janin atau bahkan keguguran. Sementara pada tahap akhir kehamilan, air ketuban yang terlalu sedikit dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan komplikasi saat melahirkan.

2. Memicu kontraksi palsu

Dehidrasi selama kehamilan juga dapat memicu kontraksi Braxton-Hicks, yaitu kontraksi palsu yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Kontraksi ini umumnya terjadi pada trimester ketiga, namun bisa juga pada trimester kedua.

Ketika mengalami kondisi ini, coba minum air putih dalam jumlah yang cukup. Jika membaik, kemungkinan kontraksi yang Bumil alami disebabkan oleh dehidrasi.

3. Komplikasi yang sangat serius

Selain kondisi di atas, komplikasi kehamilan yang bisa terjadi bila ibu hamil mengalami dehidrasi adalah penurunan produksi ASI, bayi lahir dengan cacat bawaan, bayi mengalami gangguan pada sistem saraf, dan persalinan prematur.

4. Kematian pada bayi atau ibu

Kondisi dehidrasi berat yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan syok hipovolemik yang bisa mengancam nyawa ibu hamil serta janin.




#Kesehatan #Ibu Hamil #Dehidrasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks