Bahaya Dehidrasi Pada Saat Kehamilan

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 07 Pebruari 2020 | 13:06 WIB



Wartakesehatan.com-Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi. Ini karena meningkatnya kebutuhan cairan selama hamil, serta adanya keluhan mual yang membuat ibu hamil sering muntah dan tidak nafsu makan, sehingga asupan cairan berkurang. Padahal, dehidrasi selama kehamilan bisa berbahaya, lho!

Idealnya, cairan yang masuk dan keluar dari tubuh harus selalu seimbang, terutama saat sedang hamil. Keluarnya cairan secara berlebihan yang tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup dapat membuat Bumil kekurangan cairan, bahkan mengalami dehidrasi.

Apa Saja Bahaya Dehidrasi Selama Kehamilan?

Dehidrasi selama kehamilan dapat membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut adalah beberapa bahaya yang bisa terjadi:

1. Air ketuban terlalu sedikit

Air ketuban adalah cairan pelindung yang diperlukan janin selama dalam kandungan. Selain itu, cairan ini akan memberi janin ruang gerak selama dalam kandungan. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan volume air ketuban sedikit. Salah satunya adalah dehidrasi selama kehamilan.

Volume air ketuban yang terlalu sedikit, terutama pada awal kehamilan, dapat menyebabkan terganggunya perkembangan janin atau bahkan keguguran. Sementara pada tahap akhir kehamilan, air ketuban yang terlalu sedikit dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan komplikasi saat melahirkan.

2. Memicu kontraksi palsu

Dehidrasi selama kehamilan juga dapat memicu kontraksi Braxton-Hicks, yaitu kontraksi palsu yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Kontraksi ini umumnya terjadi pada trimester ketiga, namun bisa juga pada trimester kedua.

Ketika mengalami kondisi ini, coba minum air putih dalam jumlah yang cukup. Jika membaik, kemungkinan kontraksi yang Bumil alami disebabkan oleh dehidrasi.

3. Komplikasi yang sangat serius

Selain kondisi di atas, komplikasi kehamilan yang bisa terjadi bila ibu hamil mengalami dehidrasi adalah penurunan produksi ASI, bayi lahir dengan cacat bawaan, bayi mengalami gangguan pada sistem saraf, dan persalinan prematur.

4. Kematian pada bayi atau ibu

Kondisi dehidrasi berat yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan syok hipovolemik yang bisa mengancam nyawa ibu hamil serta janin.




#Kesehatan #Dehidrasi #Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 26 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 10 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
12 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks