Dr. Kristoforus : Virus Corona Bukan Sesuatu yang Baru

Oleh : Irawan BKT | Sabtu, 08 Pebruari 2020 | 07:26 WIB


Praktisi kesehatan dr. Kristoforus Hendra Djaya yang merupakan dokter ahli vaksin sekaligus CEO inHarmony Clinic. (Wartakesehatan.com)

Jakarta Warkes. com - Kasus Corona yang tengah menghentak masyarakat dunia tengah menguji masyarakat dunia khususnya bagi negara-negara besar. Negara seperti China yang diketahui memiliki fasilitas kesehatan yang cukup memadai pun harus terpontang panting menghadapi Corona yang terus mengganas hingga saat ini upaya terus dilakukan dalam penyebarannya. 

Praktisi Kesehatan yang konsen terhadap vaksinasi dr. Kristoforus Hendra Djaya, mengatakan virus Corona bukanlah hal yang baru di dunia kesehatan. Dikatakan baru, karena virus Corona memiliki type yang sebelumnya melakukan mutasi dari binatang menular kepada manusia. 

"Sebetulnya bukan baru. Sudah biasa bikin flu dan sebagainya pada manusia, tapi memang karena virus nggak selalu ada pada manusia bisa beredar di mana-mana lewat binatang seperti kelelawar, mamalia dan sebagainya dia mutasi membentuk satu tipe atau satu streaming yang yang sangat ganas. Dia bisa menyerang tubuh kita dan kita kebetulan juga belum punya kekebalannya, ya itulah kenapa akhirnya jadi berat kekebalan ini," terang CEO inHarmony ini dalam sebuah kesempatan. 

Terkait vaksin Corona, Pria yang akrab dipanggil dr. Kristo ini mengungkapkan membuat vaksin bukanlah hal yang mudah dibutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat teknologi yang belum memadai. Dalam kasus Corona, dia menegaskan vaksinasi bukan satu-satunya cara menekan penyebaran Corona. 

"Kalau dibilang membuat vaksin butuh waktu 20 tahun sampai 30 tahun. Kalaupun dipercepat itu teknologi yang ada masih butuh tahunan. Sekitar 2 tahun mungkin lebih. Saya dengan ada teknologi baru, untuk vaksin Mr itu katanya bisa dalam hitungan hari sekitar 40 hari sampai12 bulanan. Tapi itu pun belum tentu berhasil diuji coba. Jadi pencegahannya yang ada saat ini, memotong pohonnya dengan mencegah penularan dengan menjaga kesehatan, karena kalau daya tahan tubuh kita lemah itu pintu masuknya virus," terangnya. 

Dia menambahkan, kalau orang punya penyakit komplikasi seperti penyakit diabetes, jantung, ginjal akan mudah terkena penyakit.

"Korban yang sudah ratusan orang itu kebanyakan karena sudah memiliki penyakit laiin. Kalau daya tahan tubuhnya bagus, kemungkinan fatal ada tapi tidak terlalu besar. Tetapi kalau dia sudah punya gangguan kekebalan sebelumnya, maka akan fatal akibatnya," katanya. 

"Menjaga kesehatan dengan cuci tangan itu pentingnya. Menggunakan masker terutama bagi yang sakit yang pakai masker. Ada baiknya kita siap-siap dengan vaksinasi yang lain walaupun tidak langsung," pungkasnya.

 




#Virus #Corona # Vaksinasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks