Penyebab Stroke Ringan Yang Perlu Anda Ketahui

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 10 Pebruari 2020 | 12:30 WIB



Wartakesehatan.com-Penyebab stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA) pada dasarnya sama dengan stroke secara umum. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya suplai darah ke otak karena adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah otak. Ingin tahu faktor apa saja yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke ringan? Mari simak ulasan berikut!

Pada kasus TIA, penyumbatan aliran darah hanya terjadi sebentar dan suplai darah akan kembali normal sebelum ada kerusakan di otak. Ini sebabnya,gejalah stroke ringan yang muncul hanya berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.

Sumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh gumpalan darah atau plak (aterosklerosis) yang menghambat aliran darah pada otak. Selain karena plak atau bekuan darah, sumbatan aliran darah otak juga bisa terjadi karena adanya gelembung udara atau emboli udara pada pembuluh darah otak.

Meski dapat membaik dengan sendirinya, stroke ringan ini tetap perlu mendapatkan perawatan medis secepatnya. Jika tidak diobati, stroke ringan berpotensi menyebabkan stroke atau kerusakan otak permanen.

Faktor Risiko Stroke Ringan

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke ringan:

1. Gaya hidup tidak sehat

Seseorang yang gaya hidupnya tidak sehat lebih berisiko untuk mengalami TIA. Kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat yang dimaksud adalah merokok, kurang olahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan asin, sering mengonsumsi alkohol, dan menggunakan narkoba.

2. Penyakit tertentu

Stroke ringan juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti:

  • Hipertensi.
  • Diabetes.
  • Kolesterol tinggi.
  • Obesitas.
  • Masalah pada jantung, seperti gagal jantung, penyakit jantung, dan aritmia.
  • Memiliki riwayat serangan TIA atau stroke sebelumnya.
  • Kelainan darah, seperti penyakit sel sabit dan darah mudah membeku.

3. Usia

Menurut berbagai penelitian, orang berusia lanjut atau yang usianya lebih dari 55 tahun dikatakan lebih berisiko terkena serangan TIA dibandingkan orang yang lebih muda. Namun tidak semua kasus stroke ringan terjadi pada kelompok usia tua. Orang berusia muda pun bisa terkena kondisi ini.

4. Keturunan

Faktor genetik atau keturunan juga memiliki peranan dalam menyebabkan stroke ringan. Artinya, jika ada anggota keluarga sedarah Anda yang pernah mengalami stroke atau TIA, maka Anda juga berisiko terkena stroke ringan.

Gejala stroke ringan yang tidak berlangsung lama dan tidak mengakibatkan kerusakan permanen pada otak membuat kebanyakan orang menganggap remeh kondisi ini.  Padahal jika dibiarkan, stroke ringan dapat berkembang menjadi penyakit stroke yang berbahaya.

Guna mencegah hal itu terjadi, setiap orang perlu melakukan upaya pencegahan sejak dini, yakni dengan mencegah penyumbatan pembuluh darah otak sebagai penyebab stroke ringan.

Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari asap rokok ataupun merokok, membatasi konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, rutin berolahraga, membatasi konsumsi alkohol, dan tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang.




#Kesehatan #Stroke ringan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 15 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks