Kurma Dapat Mengurangi Rasa Sakit Saat Bersalin

Oleh : nurul kinanti | Senin, 10 Pebruari 2020 | 12:45 WIB



Wartakesehatan.com - Tahukah kamu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah kurma?

Belum banyak orang mengetahui bahwa kurma memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Dilansir dari Life in Saudi Arabia, inilah delapan manfaat kurma untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Bersalin

Berdasarkan penelitian medis, ibu hamil yang mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan akan memberikan efek positif saat persalinan. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil dapat merilekskan rahim dan mengurangi risiko induksi saat persalinan.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kurma selama kehamilan bermanfaat memudahkan proses persalinan dan mengurangi risiko perdarahan postpartum. Dalam Alquran, Allah juga telah memerintahkan Maryam memakan kurma untuk menghilangkan rasa sakit saat melahirkan.

2. Sumber Energi

Saat hamil, ibu akan membutuhkan energi ekstra untuk berkegiatan. Saat ibu hamil makan kurma bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan. Kurma mengandung nutrisi penting yang memiliki efek positif pada tubuh.

Per 100 gram kurma mengandung: 277 kilo kalori energi, 1,8 gram protein, 6,7 gram serat, 15 mikrogram folat, 0,9 miligram besi, 2,7 mikrogram vitamin K, 54 miligram magnesium, dan 696 miligram pottasium.

3. Bantu Kurangi Sembelit

Banyak ibu hamil yang menghadapi masalah sembelit selama kehamilan. Manfaat kurma untuk ibu hamil mampu mengatasi masalah tersebut, karena kurma kaya akan serat. Kurma juga membantu mempertahankan sistem pencernaan yang sehat. Selain itu, kurma bisa mengurangi kadar kolesterol dan mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Bantu Produksi Asam Amino

Kurma kaya akan protein yang membantu produksi asam amino. Asam amino ini bisa membantu dalam pertumbuhan tubuh calon bayi dalam kandungan.

5. Kurangi Risiko Bayi Lahir Cacat

Bayi yang lahir dan mengalami cacat bawaan biasanya disebabkan karena kekurangan folat. Hal ini yang mendorong WHO merekomendasikan suplemen folat dan makanan kaya folat untuk semua ibu hamil. Kurma merupakan buah yang kaya akan folat. Jadi manfaat kurma untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

6. Bantu Perkembangan Tulang Bayi

Kurma kaya akan vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk perkembangan tulang bayi dalam kandungan. Namun, sebagian besar bayi terlahir dengan kadar vitamin K rendah. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan memasukkan kurma ke dalam daftar makanan mereka. Sehingga bayi akan mendapat asupan vitamin K yang cukup. Selain itu, mengonsumsi kurma selama menyusui juga terbukti bermanfaat.

7. Mengatasi Defisiensi Zat Besi

Manfaat makan kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat mengatasi defisiensi zat besi selama kehamilan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Zat besi juga berperan penting dalam mengatur hemoglobin di dalam tubuh yang sangat penting untuk memperkuat imunitas ibu dan bayi.


8. Sebagai Sumber Kalium

Kurma kaya akan kalium, yang menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah dan untuk menghindari kram otot. Kekurangan kalium sangat berbahaya bagi ibu dan anak karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular dan stroke.

9. Atasi Defisiensi Magnesium

Manfaat kurma bagi ibu hamil dapat mengatasi defisiensi magnesium. Kekurangan magnesium sangat berisiko bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan hipertensi kronis, preeklampsia, disfungsi plasenta, dan persalinan prematur.




#Kurma #Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 38 menit yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 58 menit yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kacang Pistachio Dapat Mengurangi Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kacang kacangan adalah makanan  sehat yang mengandung banyak vitamin baik untuk kesehatan tubuh...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Pilihlah Olahraga yang Tepat untuk Ibu Hamil

wartakesehatan.com - Banyak ibu hamil yang membatasi aktivitas fisiknya karena takut membahayakan janin. Padahal tubuh..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Kenali Enam Gejala Awal Herpes Genital pada Wanita

Wartakesehatan.com - Herpes genital adalah infeksi pada alat kelamin yang bisa menulari pria dan wanita. Penyakit ini..

+Indeks