Saat Baby Kembung Jangan Gosok dengan Bawang Merah

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 11 Pebruari 2020 | 12:31 WIB



Wartakesehatan.com - Salah satu ciri orang tua cerdas adalah pandai memilah-milah informasi yang tepat untuk bayinya. Jika bayi sakit, tentunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah membawanya ke dokter.

Namun tentunya masih banyak orang yang percaya dengan mitos atau teknik pengobatan yang tak didukung oleh bukti ilmiah. Contohnya adalah kebiasaan atau mitos tentang mengoleskan campuran balsam dan bawang untuk mengobati kembung pada bayi. Alih-alih sembuh, kulit bayi malah akan mengalami iritasi.

"Orang tua perlu tahu dan menerapkan metode baru seperti pada saat bayi mengalami kembung, bukan dengan digosok minyak goreng dan bawang merah nanti yang ada malah menghitam dan terjadi iritasi," papar dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH pada seminar media.

Dalam penerapan manajemen tumbuh kembang anak, orang tua memiliki tujuan untuk memberikan pola pengasuhan, perawatan dan pendidikan sesuai dengan usianya. Tentunya hal tersebut dapat dicapai jika orang tua cerdas dan pintar memilih informasi.

"Orang tua harus terampil, jeli dan cermat, termasuk memilih sumber informasi seperti ke dokter atau salah satunya dengan datang ke acara seperti ini," ujar dr Bernie lagi yang juga merupakan konsultan tumbuh kemabng di FKUI-RSCM ini.

Kegiatan seminar media yang dilaksanakan di restoran Bebek Bengil, Jalan H Agus Salim no.132, Menteng, Jakarta Pusat ini juga membahas bagaimana peran orang tua melakukan manajemen tumbuh kembang balita secara tepat sehingga menghasilkan balita yang berkualitas.

Pada usia 0 hingga 1 bulan, bayi akan lebih banyak tidur. Disaat bersamaan indera pendengaran, perasa, dan penglihatannya mulai berkembang. Begitu pula ketika menginjak bulan-bulan selanjutnya perkembangan pada bayi akan terus meningkat.

Setelah itu, balita akan mengalami yang namanya fase oral. Balita yang sedang mengalami fase oral akan menggigit apa saja yang bisa diraihnya. Mulai dari ibu jari, mainan hingga pinggiran meja. Pakar mengatakan bahwa fase ini (fase oral) merupakan fase normal pada bayi. Di mana bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti tumbuh gigi, bertambahnya lingkar kepala, respons motorik, intelegensi dan lain-lain.

"Fase oral merupakan fase yang normal pada bayi yang suka ngemut apapun di sekitarnya, selain bayi penasaran sebenarnya mereka sedang mencoba mengeksplore lingkungannya, yang penting kita tahu bahwa yang dia emut sudah bersih dan higienis," pungkasnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 40 menit yang lalu

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Buah kurma merupakan salah satu buah tertua yang paling lama dibudidayakan di dunia. Selain karena rasanya..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyebab Penyakit Asam Urat

Wartakesehatan.com-Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Daging Babi adalah Rumahnya Cacing Pita

Wartakesehatan.com-Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita. Selain itu, mengonsumsi daging ini..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..

+Indeks