Menu yang sebaiknya Anda Hindari Saat Sarapan

Oleh : nurul kinanti | Rabu, 12 Pebruari 2020 | 07:17 WIB



Wartakesehatan - Awali aktivitas selama seharian dengan sarapan adalah salah satu hal baik yang sering dinjurkan ahli medis dan dokter guna mendapatkan nutrisi dan stamina. oleh sesbab itu sarapan tentu sangat penting meski demikian, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat pagi hari. Apa saja? Berikut ini penjelasan dari dr. Nadia Octavia.

“Setiap pagi saya hanya minum kopi dan makan biskuit atau apa pun yang ada di rumah. Saya tidak sempat makan banyak di pagi hari. Namun, yang pasti kopi adalah menu wajib saat sarapan,” ujar Jessica, 31, seorang pekerja kantoran.

Kebiasaan sarapan memang bisa berbeda-beda setiap orang. Mungkin Anda memiliki kebiasaan yang sama seperti Jessica. Tapi bisa jadi Anda adalah tipe orang yang wajib bertemu dengan nasi saat sarapan.

Meskipun Anda merasa belum lapar saat bangun di pagi hari, sarapan tetaplah penting. Namun, ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan.

Inilah daftar menu yang harus Anda hindari:

Kopi

Salah satu menu populer di pagi hari bagi mereka yang malas makan adalah kopi. Kopi memang mengandung kafein yang dapat memberikan Anda stamina di pagi hari.

Namun, hanya dengan minum kopi saja tidak membuat Anda ternutrisi dengan baik. Apalagi jika Anda minum kopi dengan tambahan sirop, gula, krim, dan susu. Selain itu, minum kopi dengan perut kosong akan membuat Anda rentan terkena mag.

Gorengan

Gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan semua yang serba digoreng memang paling enak. Namun, sebaiknya hindari menu yang tinggi lemak –seperti gorengan– saat sarapan.

Makanan yang tinggi lemak akan membuat perut Anda terasa penuh dan begah. Di samping itu, sarapan yang tinggi gula dan karbohidrat –seperti donat dan kue– juga perlu dihindari. Kedua jenis makanan ini akan membuat gula darah meningkat seketika, sehingga Anda menjadi mudah lemas dan tidak berenergi.

Mi instan

Tahukah Anda bahwa mi rebus dapat mengandung hingga 600 kalori dan lebih dari 2000 mg sodium? Selain itu, karena hanya terdiri dari karbohidrat, kadar gula darah Anda akan naik mendadak, dan ini tentu tidak baik bagi penderita diabetes. Sodium yang tinggi juga akan membuat Anda rentan terkena hipertensi.

Sosis, nugget, dan makanan olahan lainnya

Bagi Anda yang ingin praktis, makanan olahan beku pasti selalu tersedia di lemari pendingin. Ingin makan, tinggal digoreng saja.

Namun, makanan seperti daging olahan, sosis, atau nugget tinggi akan garam dan lemak yang sebaiknya dihindari saat sarapan. Selain itu, bahan kimia nitrit yang terdapat pada makanan olahan bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan kanker.

Agar stamina terjaga sepanjang hari, konsumsilah sarapan yang bernutrisi. Pilih menu yang mengandung protein, lemak sehat, dan serat.




#Menu #Srapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 43 menit yang lalu

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Buah kurma merupakan salah satu buah tertua yang paling lama dibudidayakan di dunia. Selain karena rasanya..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyebab Penyakit Asam Urat

Wartakesehatan.com-Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Daging Babi adalah Rumahnya Cacing Pita

Wartakesehatan.com-Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita. Selain itu, mengonsumsi daging ini..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..

+Indeks