Makanan Ini Membuat Tulang Anda Lebih Cepat Mengalami Pengeroposan

Oleh : nurul kinanti | Rabu, 12 Pebruari 2020 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com - Beberapa makanan yang menjadi musuh tubuh anda perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan dan tetap berenergi.Junk food atau makanan sampah sepertinya harus dijauhi agar stamina tubuh anda tetap fit.

Bahkan ada makanan yang dapat membuat tulang Anda lebih cepat mengalami pengeroposan. Berikut jenis makanan yang mengandung hal tersebut.

1. Makanan tinggi sodium

Makanan yang kaya sodium tidak baik untuk kesehatan tulang. Ini dikarenakan, kata Felicia Cosman, MD, juru bicara medis untuk National Osteoporosis Foundation, garam diketahui menyebabkan ekskresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal. Untuk menjaga kesehatan tulang, ia menyarankan untuk membatasi asupan garam dan mendapatkan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap hari.

2. Makanan berpemanis

Sebaiknya Anda membatasi asupan gula harian. Ini dikarenakan akan berdampak buruk pada kekuatan tulang Anda. Shawn Smith, RD, LDN, direktur program gizi di Old Colony Elder Services di Massachusetts mengatakan, kelebihan gula dapat menghambat penyerapan kalsium dan akan menghabiskan fosfor, mineral lain yang penting dalam mendorong penyerapan kalsium.

3. Soda

Minuman bersoda juga membuat tulang cepat keropos, karenanya segera batasi konsumsi minuman ini. Felicia Cosman mengatakan minum tujuh atau lebih soda per minggu dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Ini dikarenakan soda mengandung asam fosfat, aditif makanan yang dapat melemahkan usus dan menghambat penyerapan kalsium.

4. Makanan dan minuman berkafein

Kafein baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Namun bila dikonsumsi berlebihan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan tulang.

"Kafein melarutkan kalsium dari tulang, serta melemahkan kekuatan tulang," kata Dina Khader, MS, RD, seorang konsultan nutrisi di Mount Kisco, New York.

5. Alkohol

Dina Khader mengatakan bahwa konsumsi alkohol yang kronis berkontribusi pada penurunan massa tulang, penurunan pembentukan tulang, peningkatan insiden patah tulang, dan memperlambat penyembuhan keretakan

Oleh karena itulah konsumsi minuman alkohol harus dibatasi dalam jumlah sedang. Itu artinya tidak lebih dari satu gelas sehari untuk perempuan dan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk lelaki.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 32 menit yang lalu

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Buah kurma merupakan salah satu buah tertua yang paling lama dibudidayakan di dunia. Selain karena rasanya..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyebab Penyakit Asam Urat

Wartakesehatan.com-Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Daging Babi adalah Rumahnya Cacing Pita

Wartakesehatan.com-Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita. Selain itu, mengonsumsi daging ini..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..

+Indeks